Berikut Deretan Makanan Khas Cirebon, Empal Gentong Menjadi Icon Kota!

Berikut Deretan Makanan Khas Cirebon, Empal Gentong Menjadi Icon Kota!

Empal Gentong Khas Cirebon--

DISWAYJATENG.ID - Yuk simak berikut ini adalah deretan makanan khas Cirebon, salah satunya adalah empal gentong yang menjadi iconic kota. Kota Cirebon berada pada provinsi Jawa Barat, kota ini sangat terkenal dengan wisata religi dan budayanya. 

Selain itu, Cirebon terkenal dengan berbagai hidangan khas yang lezat dan memiliki cita rasa yang unik. Berikut adalah beberapa makanan yang terkenal di Cirebon:

1. Empal Gentong

Empal Gentong adalah hidangan daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas Cirebon. Kuahnya yang gurih dan daging sapi yang empuk membuatnya menjadi hidangan yang populer di Cirebon.

Tak hanya ada pada Kota Cirebon,empal gentong sangat melegenda di seluruh nusantara. Anda bisa menemukannya pada kota lain, misalnya Pemalang, Pekalongan, Kuningan dan lain sebagainya. 

Karena kelezatan dan ciri khas dari resep empal gentong ini, sehingga makanan ini menjadi iconic dari Kota Cirebon. Siapa saja yang mendengar kata Cirebon, pastilah terfikir kepada makanan khasnya, yaitu empal gentong.

2. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang adalah hidangan nasi khas Cirebon yang disajikan dengan berbagai lauk-pauk. Biasanya, nasi Jamblang disajikan dengan daun jati yang digunakan sebagai piringnya.

Beberapa lauk populer yang sering menjadi santapan dengan nasi Jamblang adalah ayam goreng, ikan pepes, dan sambal terasi.

3. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah hidangan tahu yang disiram dengan kuah khas berbumbu pedas dan asam. Hidangan ini biasanya tersajikan dengan irisan bawang merah dan emping sebagai pelengkapnya. Tahu Gejrot merupakan jajanan yang terkenal di Cirebon dan menjadi favorit banyak orang.

Sama halnyadengan jenis makanan lainnya, jika Anda ingin menyantap tahu gejrot, Anda bisa mendapatkannya pada lain daerah. Contohnya, penjual tahu gejrot di Alun-Alun Tegal atau di daerah Brebes dan sekitarnya. Makanan ini meskipun menjadi ciri khas Kota Cirebon, namun sangat tersebar luas pada berbagai wilayah.

4. Doclang

Doclang adalah kue tradisional khas Cirebon yang terbuat dari tepung ketan hitam dan gula merah. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis yang lezat. Doclang sering dijadikan sebagai camilan tradisional atau oleh-oleh khas Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: