17 Nama Fandom Kpop Beserta Artinya, Kamu Termasuk Yang Mana?

17 Nama Fandom Kpop Beserta Artinya, Kamu Termasuk Yang Mana?

--

DISWAYJATENG.ID - Setiap artis Kpop baik idola maupun grup memiliki fandom resmi sebagai wadah para penggemar memberikan dukungan dan berbagi informasi. Membuat nama fandom yang unik, kreatif, dan masuk akal untuk artis Kpop bisa jadi hal yang sulit.

Beberapa artis bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memiliki nama fandom resmi, namun ada juga yang terjadi dengan cepat.

Fandom sendiri artinya adalah sekelompok orang yang memiliki kesukaan yang sama dan membentuk grup berdasarkan kepentingan yang sama, dalam hal ini adalah mendukung sebuah grup idol Kpop atau seorang solois.

Berikut ini adalah nama-nama fandom kpop beserta dengan artinya, yuk simak:

1. Army (BTS)

Nama fandom pertama datang dari BTS, yang juga dikenal sebagai Bangtan Boys. Mereka adalah tujuh anggota boy band Korea Selatan yang memulai debutnya pada tahun 2013.

Nama penggemar BTS yaitu Army, yang merupakan singkatan dari “Adorable Representative MC for Youth” dan membawa beberapa makna di balik itu, mengingat bahwa “Army” dikaitkan dengan militer, pelindung tubuh, dan bagaimana keduanya selalu bersamaan.

2. Once (TWICE)

Grup naungan JYP Entertainment ini memiliki fandom dengan nama ONCE. TWICE pernah mengatakan jika para fans mencintai mereka sekali saja (dalam bahasa Inggris, once) maka mereka akan membalas cintanya dua kali lipat

Mereka juga menambahkan bahwa ONCE dan TWICE akan berjalan bersama seperti jarum dan benang.

3. ReVeluv (Red Velvet)

Nama fandom ini merupakan kombinasi dari Red Velvet dan luv. Para member mengatakan kalau nama fandom ini bisa mewakilkan rasa cinta Red Velvet kepada para penggemar.

Mereka juga berharap agar mereka saling mencintai dalam waktu yang lama.

4. SONE (SNSD)

Berikutnya ada girl band SNSD atau Girls Generation, sebutan fans mereka adalah SONE. Kata SONE berasal dari kata Korea SOWON, yang berarti “Wish”.

Jika mengucapkan keduanya, kalian akan melihat bahwa keduanya memiliki kemiripan yang sangat besar.

5. ELF (SUPER JUNIOR)

Mana nih penggemar Super Junior? Salah satu boyband Korea Selatan legendaris yang memulai debut pada tahun 2005. Super Junior dikenal juga sebagai SJ atau Suju, fans mereka disebut E.L.F., yang merupakan singkatan dari Ever Lasting Friends.

6. Shawol (SHINee)

Berikutnya ada boyband yang menghasilkan lagu-lagu hits seperti “Ring Ding Dong“, “Sherlock”, dan “Lucifer”. “Shawol” adalah bentuk singkat dari nama resmi yang diberikan kepada para penggemar oleh SHINee, berdasarkan hangeul yang diromanisasi untuk “SHINee World”: “sha-i-ni” + “wol-deu”.

7. BLINK (BLACKPINK)

Siapa yang tidak kenal BLACKPINK,? Girl band yang beranggotakan Lisa, Jenny, Rose, dan Jisoo ini memulai debutnya pada Agustus 2016. Nama BLINK sendiri merupakan kombinasi dari kata “bl/ack” dan “p/ink”.

8. Stay (Stray Kids)

Selanjutnya ada Stray Kids, boy band Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment melalui reality show 2017 dengan nama yang sama. Nama penggemar mereka yaitu Stay, yang berarti Stray Kids ingin agar penggemar mereka tetap berada di sisi mereka.

9. Midzy (ITZY)

Girl band Itzy yang memulai debut pada Februari 2019. Mereka merupakan girl band yang dibentuk JYP Entertainment, nama fans mereka adalah Midzy. Nama ini berasal dari kata Korea 믿어, yang berarti percaya.

Diyakini bahwa kata MIDZY berarti bahwa para penggemar memercayai ITZY dan ITZY memercayai para penggemar sebagai balasannya.

10. MOA (TXT)

Berikutnya ada nama fandom kpop boy band TXT atau Tomorrow X Together. Nama fans mereka yaitu Moa. “MOA” sendiri merupakan kependekan dari “Moment Of Alwaysness”. Nama ini membawa arti “TXT dan penggemar selalu bersama setiap saat”.

BACA JUGA:Keren! Inilah Deretan Idol Kpop Yang Dijuluki Dancing Machine, Ada Idolamu?

11. EXO-L (EXO)

Bikin baper, ternyata huruf L dalam EXO-L singkatan dari Love. Hal ini tentu saja sebagai tanda bahwa betapa besarnya cinta para member EXO kepada penggemar.

Selain itu, dalam alfabet huruf L terletak di tengah K dan M, sehingga para EXO-L bisa dilindungi dan dikelilingi oleh sub unit EXO-K dan EXO-M.

12. Neverland ((G)-IDLE)

Belum banyak yang tahu, ternyata nama girl group ini berartikan Girl Idle yang merupakan perpaduan dari kata Girl dan Children. Seperti diketahui kalau Neverland merupakan cerita dongeng di mana para anak kecil akan tetap muda selamanya

Para member G-IDLE menjelaskan kalau mereka berharap bisa bersama fans dalam waktu yang lama.

13. NCTzen (NCT)

NCTzen merupakan kombinasi dari NCT dan citizen. Jadi kalau kamu merupakan NCTzen maka sudah dipastikan bakal loyal dengan boygroup satu ini.

14. Carat (SEVENTEEN)

Saat predebut, SEVENTEEN pernah merilis lagu berjudul Shining Diamond. Mereka pun teringat fans mereka yang seperti 'carats' yang berarti permata yang berharga. Selain itu, mereka juga mengungkapkan kalau para Carats adalah pijakan mereka sehingga bisa bersinar sampai sekarang.

15. MY (αespa)

Nama fandom aespa adalah MY yang memiliki arti “sahabat paling berharga” dalam KWANGYA, yang merupakan tempat tinggal avatar aespa.

16. Dive (IVE)

Grup besutan Starship Entertainment ini memiliki fandom resmi dengan nama DIVE, yang mencerminkan sapaan dari IVE yakni "DIVE into IVE."

17. Forever (EVERGLOW)

Nama fandom EVERGLOW adalah Forever. Nama tersebut berarti “For EVERGLOW”, dan juga bahwa para anggota berharap untuk bersama dengan penggemar mereka selamanya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber