Apa Itu Investasi Syariah? Ini jenis-Jenisnya

Apa Itu Investasi Syariah? Ini jenis-Jenisnya

--

DISWAYJATENG – Banyak jenis investasi bagi pemula dengan modal kecil dengan berbagai macam pilihannya. Kali ini kita akan membahas menggunakan sistem syariah.

Jenis investasi medel syariah ini orang anggap lebih menguntungkan dan juga bebas riba, terutama bagi umat muslim. Berikut ini beberapa daftar jenis investasi syariah yang halal bagi pemula dan bisa menjadi pilihan investasi tanpa riba.

Anda tidak perlu khawatir karena sistem dan konsepnya berdasarkan ajaran agama Islam. Berikut penjelasannya agar anda dapat mengetahui perbedaannya dengan investasi konvensional.

Sebagai pemula, anda tidak usah khawatir dan ragu untuk  memulai investasi karena banyak sekali sekali jenis investasi bagi pemula. Dalam sistem syariah ini, ada beberapa jenis investasi syariah yang bisa menjadi pilihan anda dalam menentukan jenis investasi yang akan anda lakukan.

1.    Sukuk Tabungan

Jenis investasi syariah yang pertama adalah sukuk tabungan atau obligasi syariah. Sukuk merupakan surat berharga yang berupa surat pengakuan utang yang sesuai prinsip syariah oleh Negara atau perusahaan kepada calon pemegang obligasi.

Sementara pemegang obligasi akan menerima keuntungan berupa bagi hasil secaraberkala. Sayangnya, banyak yang tidak tertarik dengan jenis sukuk tabungan ini, karena tingkat pengembaliannya mereka anggap kecil.

2.    Reksa Dana Syariah

Jenis investasi pemula modal kecil syariah selanjutnya adalah reksa dana. Reksa dana syariah  sebenarnya sama saja dengan reksa dana konvensional, hanya penerapannya menggunakan sistem syariah. 

3.    Deposito Syariah

Deposito ini sebenarnya juga sama dengan deposito konvensional. Namun deposito syariah memiliki system bagi hasil berdasarkan prosentase. Sebagai contoh, deposito syariah untuk 12 bulan pada bank A presentase bagi hasilnya 44% : 56%. Hal ini berarti setiap keuntungan yang mereka peroleh akan terbagi menjadi 44% untuk anda dan 56 % untuk bank.

Deposito merupakan jenis investasi yang cocok anda gunakan untuk mempelajari cara investasi untuk pelajar. Sebab, deposito memiliki system yang sama dengan menabung.

4.    Emas

Salah satu invesatasi modal kecil dengan profit harian atau bulanan terukur yang bisa anda gunakan selanjutnya adalah emas. Dalam investasi konvensional, emas juga memang tersedia sebagai jenis investasi. Namun, emas dalam investasi syariah memiliki perhitungan yang menjamin bebas dari riba. Selain itu, daya tarik emas sebagai investasi juga karena keamanannya dan nilainya yang terjaga. Oleh karena itu emas merupakan investasi jangka pendek yang merupakan pilihan tepat khususnya bagi pemula.

BACA JUGA:Investasi Dapat Mengubah Hidup Anda! Cuma 10 Ribu Sudah Bisa Memulainya

5.    Saham Syariah

Investasi sayariah berikutnya adalah saham syaraiah. Sama dengan jenis investasi konvensional, dalam investasi syariah merupakan penggunaan system syariah yang lebih islami. Banyak daftar saham syariah yang tersedia pada bursa efek Indonesia yang bisa anda pilih. Namun, menggunakan saham sebagai instrument investasi memiliki risiko yang lebih tinggi. Memerlukan ketrampilan dan pengalaman untuk memainkannya, meski syariah sekalipun.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: