Jangan Sepelekan Gejala Ini, Jangan Sampai Anda terkena Stroke

Jangan Sepelekan Gejala Ini, Jangan Sampai Anda terkena Stroke

Pentingnya mengetahui beberapa gejala stroke ringan--

DISWAYJATENG – Pasti anda pernah mendengar penyakit stroke ringan. Namun apakah anda mengetahui apa yang orang katakan stroke ringan tersebut.

Stroke ringan merupakan kondisi ketika seseorang mengalami gangguan layaknya stroke tetapi hanya berlangsung dalam waktu singkat. Walaupun seperti itu, kondisi ini dapat ,menjadi salah satu ciri dan penyebab stroke pada usia muda.

Stroke ringan atau dalam bahasa medis Transient Ishemic Attack (TIA) adalah serangan yang muncul secara tiba-tiba berupa gejala stroke. Namun sifatnya hanya sementara atau dalam waktu yang singkat.

Meski serangan ini berlangsung singkat, anda harus tetap mewaspadainya karena stroke dapat menyebabkan kematian. Kebanyakan stroke ringan adalah kondisi yang akan bertahan selama beberapa menit hingga jam. Kemudian mereda dalam waktu 24 jam.

Penyebab Stroke Ringan

Penyebabnya sama dengan penyakit stroke yang terjadi pada umumnya. Keduanya sama-sama terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah.

Hanya saja stroke ringan masih tergolong kondisi yang tidak berbahaya serta tidak berisiko menimbulkan kerusakan permanen pada otak. Penyebab lainnya adalah adanya penumpukan lemak atau plak pada pembuluh arteri.

Arteri sendiri merupakan pembuluh darah yang menyuplai oksigen dan nutrisi ke otak dan seluruh tubuh. Penumpukan plak dapat menghambat aliran drah menuju arteri dna berpotensi menyebabkan penggumpalan darah.

Gumpalan darah yang bergerak dalam pembuluh darah arteri menuju otak dapat menimbulkan serangan stroke ringan. Selanjutnya gumpalan ini dapat bergerak dari pembuluh darah yang berada pada jantung.

Sehingga tak jarang orang dengan penyakit jantung turut mengalami stroke.

Faktor Risiko Stroke Ringan

Selain beberapa penyebab tersebut, beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena stroke ringan sebagai berikut :

1.    Telah memasuki usia lanjut yaitu 55 tahun ke atas

2.    Memiliki rieayat keluarga dengan stroke

3.    Mengalami kondisi anemia sel sabit

4.    Pernah mengalami stroke ringan

Keempat hal tersebut adalah factor risiko yang tidak dapat anda kendalikan. Namun, ada beberapa faktor-faktor stroke ringan yang dapat anda kendalikan antara lain:

1.    Kebiasaan merokok

2.    Tekanan drah tinggi

3.    Kurang aktivitas fisik

4.    Kadar kolestrol tinggi

5.    Menderita penyakit jantung, seperti infeksi, detak jantung tiak normal atau gagal jantung

6.    Obesitas atau berat badan berlebih

7.    Diabetes

8.    Kebiasaa minum minuman beralkohol

Gejala Stroke Ringan

Gejalanya tidak jauh berbeda dengan gejala stroke pada umumnya. Namun pada srtoke ringa ini gejala tersebut akan mereda dengan sendirinya. Adapun beberapa gejalanya antara lain:

1.    Merasa pusing dan kehilangan keseimbangan dengan tiba-tiba

2.    Mengalami mati rasa, kelemahan otot hingga kelumpuhan pada bagian tubuh tertentu

3.    Mengalami gangguan penglihatan misalnya kebutaan pada salah satu mata.

4.    Mual dan muntah

5.    Kesulitn menelan makanan

6.    Mengalami sakit kepala parah tanpa penyebab yang jelas

7.    Kesulitan dalam berbicara hngga artikulasi tidak terdengar dengan jelas

8.    Kebingungan dalam memahami perkataan orang lain

Itulah beberapa gejala strke ringan yang sebaiknya anda pahami agar lebih waspada. Meskipun hanya terjadi sementara, anda tetap harus mendapatkan pertolongan pertama pada stroke jika mengalami kondisi tersebut.

Pengobatan Stroke Ringan

Beberapa upaya pengobatan stroke ringan sebagai berikut:

1.    Pemberian obat-obatan

Beberapa obat yang biasa dokter berikan sebagai penanganan stroke ringan adalah antiplatelet, antikoagulan, obat tekanan darah dan obat untuk meregulasi lipd.

2.    Endarterektomi Karotis

Prosedur operasi yang bertujuan untuk menghilangkan penumpukan plak dan lemak yang menyebabkan penyempitan pada pembuluh arteri karotis.

3.    Angioplasti

Prosedur yang dokter lakukan dengan menggunakan alat seperti balon untuk membuka sumbatan pada arteri serta menempatkan tabung kawat kecil sebagai penyangga.

BACA JUGA:Pentingnya Pertolongan Pertama Saat Terserang Stroke, Anda Wajib Tahu

Nah, itulah beberapa ulasan singkat tentang apa itu stroke ringan, gejala, risiko serta pengobatan dari penyakit ini. semoga bermanfaat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: