Ini Dia 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Ini Dia 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Ini Dia 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan-disway jateng-

DISWAYJATENG.IDBuah bit atau ubi bit merah  merupakan bagian akar tunggang dari tanaman bit yang menghasilkan buah bit. Bagi kita yang semula hanya akarnya yang kita konsumsi akan tetapi sekarang buah dan daun buah bit.

Karena banyaknya manfaat sehingga kita juga sering mengkonsumsinya karena bermanfaat untuk tubuh kita. Buah ini bisa kita olah dengan cara kita rebus, kukus atau kita makan sebagai salad bersama sayuran dan buah lain.

BACA JUGA:Berbagai Manfaat Ketika Kita Mengkonsumsi Buah Bidara

Meski rasanya kurang familier pada lidah kita akan tetapi manfaat buah bit untuk kesehatan tidak perlu kita ragukan lagi. Maka dari itu kita akan membahas 7 manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh kita antara lain:

1. Menjaga kesehatan pencernaan kita

Manfaat buah bit untuk kesehatan sangat kita perlukan apalagi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan kandungan serat tinggi pada buah bit dapat melancarkan asupan yang masuk usus besar. 

Jika kita rutin mengonsumsi buah bit akan terhindar dari sembelit ataupun radang usus bahkan risiko kanker usus bisa turun.

 

2. Untuk antioksidan dan anti inflamasi

Dalam buah bit terkandung banyak antioksidan yang berfungsi menghambat radikal bebas penyebab kanker. Bahkan antioksidan juga bisa menghambat berbagai perkembangan penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

bukan hanya itu buah bit juga mengandung anti inflamasi karena buah bit mengandung betalains yang memiliki sifat tersebut. Sehingga tubuh dapat meredakan nyeri akibat infeksi, iritasi, ataupun cedera.

 

3. Membantu menurunkan berat badan

Buah bit kaya akan karbohidrat dan serat buah bit cocok kita konsumsi bagi kalian yang ingin diet. Jenis umbi-umbian ini memiliki kalori yang tinggi namun lemak dan kolesterol yang ada sangat rendah.

Bahkan menariknya bukan hanya itu buah bit memiliki serat dan protein tinggi yang dapat menjaga berat badan tetap ideal. Nafsu makan dapat kita kurangi karena serat menjaga rasa kenyang lebih tahan lama.

 

4. Pembuangan racun atau detoksifikasi alami

Manfaat lain dari buah bit adalah detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh kita. Proses ini dapat membuat metabolisme berjalan lebih lancar dan cepat.

Selain itu manfaat buah bit untuk kesehatan adalah mendukung proses detoksifikasi karena kandungan antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi buah bit secara rutin dapat meningkatkan ketahanan tubuh dalam menangkal radikal bebas

 

5. Meningkatkan stamina kita

Buah bit mengandung nitrat yang dapat meningkatkan kinerja fisik pada tubuh kita. Nitrat memungkinkan efisiensi mitrokondira yang memproduksi energi dalam sel tubuh.

Maka dari itu manfaat buah bit untuk kesehatan adalah menjaga stamina tubuh kita agar meningkatBahkan jus buat bit dapat menjaga daya tahan sehingga tubuh kita tidak mudah lelah.

Jus ini sangat kita rekomendasikan untuk terkonsumsi oleh para atlet seperti salah satunya atlet peseda. 

 

6. Mencegah hipertensi

Buah bit sangat bermanfaat untuk membantu mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi yang ada pada tubuh. Hal ini sebab kandungan nitrat dalam buah bit.

Jika kita rutin mengonsunsi buah bit dapat menjadi alternatif bagi kalian yang menderita hipertensi. Akan tetapi tentunya kalian harus berhati-hati dalam pengolahan buah bit mengingat kandungan nitrat ini mudah bisa memicu kanker.

Hindari memanaskan buah bit dengan suhu yang terlalu tinggi agar pemicu kankernya tidak aktif.

 

7. Sebagai pewarna makanan alami

Ciri buah bit berwarna merah keungu-unguan mirip seperti buah naga. Karena warnanya yang menarik inilah yang membuat buah bit kita gunakan sebagai pewarna makanan alami.

Hal ini menyebabkan makanan lebih menarik secara visual juga mengandung nutrisi juga warna merah keungu-ungunan ini berasal dari senyawa betasianin. Sedangkan senyawa betasantin memberikan pigmen kuning pada buah bit.

 

Demikian pembahasan kita mengenai 7 manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: