Berbagai Manfaat Ketika Kita Mengkonsumsi Buah Bidara

Berbagai Manfaat Ketika Kita Mengkonsumsi Buah Bidara

Berbagai Manfaat Ketika Kita Mengkonsumsi Buah Bidara-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Bidara merupakan pohon yang berasal dari Asia Selatan akan tetapi saat ini populer pada seluruh dunia dengan nama bidara. Pohon ini memiliki buah berbentuk bulat dengan lubang berisi biji.

Saat matang warna buahnya akan menjadi berubah menjadi merah tua atau ungu dan sedikit agak berkerut. Selain bisa kita makan langsung buah bidara juga sering kita keringkan dan menjadi makanan penutup atau permen.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Secara tradisional buah bidara juga banyak kita gunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan pada tubuh kita. Maka dari itu kali ini kita akan membahas berbagai manfaat buah bidara untuk kesehatan tubuh kita, antara lain:

1. Melindungi otak kita dari kerusakan

Pada sel-sel otak mulai menyusut seiring bertambahnya usia kita hal ini akan meningkatkan risiko sejumlah gangguan neurologis. Sebagai kabar baiknya jika mengonsumsi buah bidara mampu menenangkan pikiran kita

 

2. Meningkatkan kualitas tidur dan fungsi otak

Buah bidara juga banyak kita gunakan dalam pengobatan alternatif untuk meningkatkan kualitas tidur dan fungsi otak kita. Karena antioksidan unik dalam buah bidara bertanggung jawab atas efek ini.

Selain pada buahnya ekstrak biji buah bidara dapat membantu mengobati demensia yang menyebabkan oleh Alzheimer.

 

3. Membuat kulit agar lebih bercahaya

Kandungan pada buah bidara segar kaya akan vitami C yang memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan kulit. Vitamin C tidak hanya membantu melindungi kulit dari kerusakan radiasi matahari saja.

Akan tetapi memainkan peran penting dalam produksi kolagen. Kolagen sendiri bertanggung jawab membentuk serat ikat dalam jaringan dan telah terbukti mendukung elastisitas kulit dan hidrasi secara keseluruhan.

 

4. Sebagai kekebalan dan melawan sel kanker

Pada buah bidara dapat meningkatkan kekebalan dan melawan pertumbuhan sel kanker. Seperti menurut satu studi tabung reaksi yang termuat dalam International Journal of Biological Macromolecules 2017.

Menyatakan bahwa polisakarida pada buah bidara dapat menangkis radikal bebas, menetralkan sel-sel berbahaya, serta mengurangi peradangan. Penurunan tingkat peradangan dan radikal bebas selanjutnya dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti diabetes.

 

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan kita

Tingginya akan kandungan serat dalam buah bidara dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Sekitar 50 persen karbohidrat dalam buah ini berasal dari serat yang kita kenal dengan efek pencernaannya yang bermanfaat.

Serat juga membantu melunakkan dan meningkatkan jumlah kotoran yang ada dalam perut kita. Hasilnya yaitu pergerakan makanan melalui saluran pencernaan menjadi semakin cepat dan mengurangi rasa sembelit.

 

6. Meningkatkan daya ingat pada otak

Pada buah bidara memiliki aktivitas antioksidan karena adanya senyawa fenolik pada dalam buahnya. Menurut secara tradisional fenolik kita gunakan untuk menjaga fungsi memori untuk daya ingat.

Menuru studi yang termuat dalam jurnal Phytotherapy Research 2020. Menunjukkan tingginya senyawa fenolik dalam buah bidara bertanggung jawab atas tindakan antioksidan.

Dengan begitu buah bidara ini mungkin membantu meningkatkan memori pada orang-orang dengan penyakit alzhemer dan yang sejenisnya.

 

7. Membantu manajemen agar tidak stres

Kemampuan buah bidara dalam meningkatkan kualitas tidur dan otak selanjutnya dapat membantu mengelola stres. Akan tetapi kunci untuk mendapatkan khasiat buah bidara yang menenangkan tanpa mengalami efek sedatif adalah pada dosisnya.

Menurut salah satu studi dalam Journal of Ethnopharmacology 2000. Menurutnya ekstrak biji bidara meningkatkan manajemen stres tikus pada dosis lebih rendah dan mendukung tidur pada dosis yang lebih tinggi.

Sedangjan bidara dalam bentuk teh dan suplemen mengandung senyawa penenang dalam konsentrasi yang lebih tinggi. Akan tetapi sebaiknya mulailah dengan perlahan dan lihat bagaimana reaksi tubuh kita.

 

Demikian pembahasan kita mengenai berbagai manfaat buah bidara untuk kesehatan, semoga bermnafaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: