Inilah 5 Kuliner Khas Purwokerto Paling Populer, Wajib Kalian Coba!

Inilah 5 Kuliner Khas Purwokerto Paling Populer, Wajib Kalian Coba!

Tempe Mendoan--instagram; dapuralraf_01

DISWAYJATENG.ID - Purwokerto adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.Kota ini merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas.

Salah satu daya tarik utama Purwokerto adalah keindahan alamnya. Kota ini dikelilingi oleh pegunungan, perbukitan dan persawahan serta menawarkan pemandangan yang indah.

Purwokerto memiliki beberapa tempat wisata menarik. Di antaranya adalah Baturaden, sebuah kawasan wisata pegunungan dengan pemandian air panas alami dan kebun binatang. 

Selain keindahan alam dan wisatanya, Purwokerto juga terkenal dengan kuliner-kuliner yang beraneka ragam jenisnya, kuliner Purwokerto ini memiliki cita rasa yang nikmat juga unik tentunya

Berikut 5 rekomendasi kuliner Purwokerto yang wajib kalian coba :

1. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja adalah sebuah hidangan sup tradisional yang menjadi kuliner khas Purwokerto. Soto Sokaraja terbuat dari kaldu ayam yang kaya rempah-rempah, menjadikannya memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Untuk penyajiannya, Soto Sokaraja biasanya disajikan dengan mie kuning, tauge, daun bawang, dan kerupuk. Beberapa tambahan lain seperti irisan telur rebus, koya (bubuk kerupuk yang digunakan sebagai taburan), dan sambal juga dapat disajikan sebagai pelengkap.

Rasa Soto Sokaraja umumnya gurih dan segar. Rempah-rempah yang digunakan dalam kaldu ayam memberikan sentuhan harum dan cita rasa yang khas.

Kombinasi antara kaldu ayam yang kaya rempah dan bumbu-bumbu lainnya menjadikan Soto Sokaraja sebagai hidangan yang cocok untuk dinikmati sebagai makanan hangat dan menggugah selera.

2. Tempe Mendoan

Mendoan adalah sebuah makanan gorengan yang menjadi salah satu kuliner khas Purwokerto. Mendoan terbuat dari tempe yang dipotong tipis kemudian digoreng dengan adonan tepung berbumbu.

Mendoan khas Purwokerto memiliki ciri khas tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Rasanya gurih dan biasanya disajikan dengan sambal khas atau kecap manis sebagai pelengkap.

Mendoan juga sering dijadikan sebagai teman makan nasi atau bisa dinikmati sebagai camilan ringan. Mendoan merupakan salah satu makanan yang populer di Purwokerto dan dapat ditemukan di berbagai warung makan atau pedagang kaki lima di sekitar kota.

Biasanya, Mendoan disajikan secara langsung setelah digoreng, sehingga tetap dalam keadaan hangat saat disantap.

3. Gethuk Goreng

Gethuk goreng adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketela pohon yang digiling halus, kemudian diolah dengan cara digoreng hingga berwarna kecoklatan. Ketela pohon yang digunakan dalam pembuatan gethuk goreng memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

Gethuk goreng sering dijadikan sebagai camilan atau makanan penutup yang populer di berbagai daerah di Indonesia. Rasanya yang manis dan teksturnya yang unik membuat gethuk goreng menjadi favorit di kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

Makanan ini juga sering ditemukan di pasar tradisional, acara perayaan, atau warung makan khas Indonesia.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata Pantai di Wonogiri Terbaru 2023, Nomor 4 Surga Tersembunyi!

4. Kraca

Makanan satu ini merupakan kuliner khas Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang berbahan dasar berupa keong kecil atau bisa disebut tutut. Tutut ini sering didapat dari sawah yang kemudian diolah serta dimasak dengan diberi kuah.

Kemudian dicampurkan dengan bumbu seperti, bawang, pala, merica, garam serta bumbu lainnya. Bumbu-bumbu tersebut yang membuat rasanya menjadi gurih dan nikmat.

Kraca ini juga bisa ditemukan di jalanan, terkhusus di pasar-pasar Ramadhan. Cara memakan kraca ini juga unik yaitu dengan menghisap keong dari cangkangnya, bisa juga dicungkil menggunakan lidi ataupun ujung garpu.

5. Lumpia Boom

Lumpia khas Purwokerto ini memiliki perbedaan di ukuran yang cukup besar dengan isian yang lebih banyak. Lumpia ini bisa dijadikan sebagai lauk pauk bersama nasi, lalapan, dan dilengkapi dengan sambal.

Selain itu, makanan ini memang kaya akan bahan-bahan makanan lain seperti berbagai sayuran dan telur. Dinamakan lumpia boom karena isinya cukup menarik perhatian.

Diisi dengan berbagai varian isi seperti ayam, bakso, jagung, jamur, udang, cumi, dan sebagainya. Ukurannya yang cukup besar, sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh asli Purwokerto. Apakah kamu tertarik untuk membeli lumpia boom agar bisa dijadikan oleh-oleh?(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber