Makanan Dan Minuman Yang Harus di Hindari Oleh Orang Yang Sedang Mengandung

Makanan Dan Minuman Yang Harus di Hindari Oleh Orang Yang Sedang Mengandung

Makanan Dan Minuman Yang Harus di Hindari Oleh Orang Yang Sedang Mengandung-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Makanan dan minum adalah sesuatu yang sangat kita butuhkan untuk tubuh, akan tetapi kita harus pandai memilih makanan dan minuman. Apalagi bagi orang yang sedang mengandung jangan sembarang makan atau minum yang bisa mengganggu pada janin.

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang harus ibu hamil hindari, antara lain;

 

1.Minuman yang berkafein

Mendengar kata kafein orang-orang mungkin langsung berpikir kopi dan teh. Padahal kafein juga ada dalam minuman ringan dan cokelat. Hal itu dikarena kafein dapat terserap dengan cepat dan mudah masuk ke dalam plasenta.

Sebab itu bayi dan plasentanya tidak memiliki enzim utama yang terbutuhkan untuk memetabolisme kafein sehingga bisa menumpuk.

 

2.Telur yang mentah

Ketika kita mengonsumsi telur mentah amat tidak terekomendasikan karena dapat mengandung bakteri Salmonella. Terkadang menyerang perut dapat berbahaya untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan kram pada rahim yang mengakibatkan kelahiran prematur.

Maka dari itu lebih baik masaklah telur hingga matang dan tahan godaan untuk makan telur setengah matang dan kuningnya.

 

3.Produk susu dan jus buah yang tidak dipasteurisasi

Hal tersebut karena minuman yang terlihat sehat dan bergizi ini mengandung bakteri-bakteri yang membahayakan perut dan rahim. Infeksi bakteri tersebut dapat muncul secara alami atau sebab oleh kontaminasi selama pengolahan atau penyimpanan.

Pasteurisasi adalah cara paling efektif untuk membunuh bakteri berbahaya tanpa mengubah nilai gizi produk. Untuk meminimalkan risiko infeksi lebih baik minum dan makanlah susu, keju, dan jus buah yang sudah dipasteurisasi.

 

4.Makanan yang tidak kita bersihkan

Hal tersebut karena risiko infeksi bakteri dan parasit seperti ToxoplasmaE. coliSalmonella, dan Listeria datang dari lingkungan saat pengolahan. Salah satu infeksi parasit yang berbahaya untuk ibu hamil adalah toxoplasmosis yang tersebabkan oleh Toxoplasma.

Karena bagi ibu hamil dapat menularkan toxoplasmosis pada bayi. Selama masa kehamilan sangat penting untuk meminimalkan risiko infeksi.

Yaitu dengan mencuci bersih bahan makanan menggunakan air mengalir, mengupas kulitnya, dan memasak buah dan sayuran hingga matang.

 

5.Memakan jeroan

Jeroan seperti hati, usus, dan ampela sebenarnya adalah makanan kaya akan nutrisi dan termasuk antaranya besi. Serta kandungan vitamin B12, vitamin A, seng, selenium, dan tembaga yang baik untuk ibu hamil dan janin.

Namun mengkonsumsi vitamin A hewani dari jeroan tidak tersarankan saat hamil, terutama pada trimester pertama. Hal tersebut karena konsumsi vitamin A dapat menyebabkan kelainan bawaan hingga keguguran.

 

6.Sayur kecambah mentah

Hal ini karena lingkungan yang mereka tumbuh tersukai oleh bakteri Salmonella sehingga ketika kita cuci pun sulit.

 

7.Makanan yang rendah gizi

Pola makan saat masa kehamilan yang optimal sebaiknya terdiri dari makanan bernutrisi utuh, seperti protein, asam folat, dan zat besi. Karena untuk memenuhi kebutuhan kehamilan dan jabang bayi.

Akan tetapi sesuai namanya makanan rendah gizi bukannya menyehatkan tetapi membuat inu hamil dan janinnya kekurangan nutrisi penting. Memang kenaikan berat badan itu biasa saat hamil dan malah kita butuhkan untuk ibu hamil dan janin.

Namun jika mengkonsumsi junk food bikin berat badan naik pesat hingga terjadi obesitas.

 

8.Mengkonsumsi minuman beralkohol

Menurut berbagai penelitiann selain keguguran dan komplikasi persalinan serta perkembangan otak bayi dapat terganggu karena miras. Selain itu mengkonsumsi minuman alkohol selama persalinan dapat mengakibatkan sindrom alkohol janin.

 

BACA JUGA:Ini Dia 3 Makanan Yang Tidak Boleh di Makan Oleh Ibu Hamil

Demikian pembahasan kita mengenai makanan dan minuman yang tidak baik bagi orang yang sedang mengandung, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: