Ini Dia 3 Makanan Yang Tidak Boleh di Makan Oleh Ibu Hamil

Ini Dia 3 Makanan Yang Tidak Boleh di Makan Oleh Ibu Hamil

Ini Dia 3 Makanan Yang Tidak Boleh di Makan Oleh Ibu Hamil-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Bagi ibu hamil atau masa kehamilan adalah momen yang kita nanti tetapi juga bisa menegangkan dan menyebalkan bagi ibu hamil. Karena untuk ibu hamil ada pantangan ini itu termasuk soal makanan yang harus kita jaga.

Karena apa yang terkonsumsi oleh ibu hamil akan memengaruhi kesehatan sang ibu dan janin dalam kandungannya. Maka dari itu lebih baik mencegah daripada menyesal padakemudian hari. Maka dari itu kali ini kita akan membahas 3 makanan yang yang harus ibu hamil hindari, antara lain:

1.Olahan daging mentah

Ketika ibu hamil memakan daging ternak mentah seperti ayam dan sapi hal harus benar-benar ibu hamil hindari. Karena ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi produk daging olahan kecuali telah mereka panaskan sampai benar-benar matang.

Ketika mengonsumsi daging mentah atau olahan yang tidak kita masak dengan benar dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri atau parasit. Seperti misalnya ToxoplasmaE. coliListeria, dan Salmonella.

Infeksi bakteri dapat meningkatkan risiko stillbirth dan gangguan neurologis pada janin yang menyebabkan keterbelakangan mental, kebutaan, dan epilepsi. Meskipun sebagian besar bakteri dapat kita temukan pada permukaan daging, bakteri lain mungkin tersisa dalam serat ototnya.

Ada beberapa potongan daging utuh yang bisa kita konsumi. Seperti ribeye dari daging sapi, domba, dan sapi muda aman kita konsumsi meski tidak 100 persen matang.

Akan tetapi ini hanya berlaku jika daging tersebut utuh dan benar-benar kita masak hingga matang pada bagian luar.

Lain halnya dengan daging potong dan olahan seperti pattyburger, daging cincang, dan unggas. Daging-daging ini tidak boleh ibu hamil konsumsi mentah atau setengah matang.

Jajanan seperti sosis dan daging deli juga harus ibu hamil hindari karena potensi infeksi berbagai bakteri selama pengolahan dan penyimpanan.

 

2.Ikan dengan kandungan merkuri tinggi

Karena kandungan merkuri dapat mengancam kesehatan ibu hamil terutama untuk sistem saraf, kekebalan tubuh, dan ginjal. Apa lagi ketika untuk janin paparan merkuri bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan.

Laut yang tercemar seperti ikan laut besar dapat mengakumulasi merkuri dalam jumlah tinggi. Hal itu karena memangsa ikan atau biota laut yang terpapar merkuri.

Oleh karena itu sebaiknya hindari ikan merkuri tinggi saat sedang hamil dan menyusui.

Menurut panduan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), ikan dengan kandungan merkuri tinggi yang kudu hindari adalah;

1)       Ikan hiu

 

2)       Ikan todak

 

3)       Ikan tenggiri Amerika

 

4)       Ikan tuna terutama tuna mata besar

 

5)       Ikan marlin

Menurut FDA mengonsumsi ikan rendah merkuri pada dasarnya baik untuk kesehatan, termasuk untuk ibu hamil, dengan porsi 2-3 per minggu. Ikan-ikan yang memiliki kadar merkuri rendah tersebut antara lain;

1)       Ikan teri

 

2)       Ikan kod

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: