Bahaya Minum Kopi Berlebihan, Apa Saja? Ini Dia

Bahaya Minum Kopi Berlebihan, Apa Saja? Ini Dia

Minum kopi berlebihan dapat mengganggu kesehatan anda--

DISWAYJATENG – Anda penikmat kopi? Ini bahayanya, kopi selalu memiliki banyak penggemar dari muda hingga tua. Seiring waktu, biji kopi olahan menjadi lebih serbaguna dan minum kopi menjadi lebih mapan.

Sebagian orang rutin minum kopi pada pagi hari sebelum mulai aktifitas. Bila kita minum tidak berlebihan kopi hitam memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, seperti meningkatkan mood dan konsentrasi.

Berikut Ini Dampak Buruk dan Bahaya Minum Kopi Berlebihan :

1.    Meningkatkan asam lambung

Bahaya minum kopi yang berlebihan yang pertama adalah asam lambung. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan jumlah asam lambung yang menyebabkan iritasi saluran cerna yang menyebabkan sakit perut dan diare yang menyebabkan risiko GERD (gastroesophageal reflux disease).  Yang berarti peningkatan asam lambung pada kerongkongan menyebabkan panas dan terbakar pada tenggorokan.

2.    Jantung berdebar lebih cepat

Setelah minum secangkir kopi ekstra, kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan jantung berdebar yang tidak kita inginkan pada beberapa orang.  Hal ini kafein dalam kopi dapat merangsang pelepasan hormone adrenalin yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dan jantung berdetak lebih cepat.

Ini memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh yang lama-kelamaan melemahkan jantung.

3.    Insomnia

Kopi sering kita gunakan utnuk menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan konsentrasi. Kafein dalam kopi dapat merangsang saraf dan otak, membuat seseorang tidak bisa tidur menyebabkan gangguan tidur malam (insomnia). Terasa segar berlebihan yang lama kelamaan dapat mempersingkat waktu tidur dan mencegah tubuh tertidur dengan baik.

Ini dapat menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia.

4.    Bermasalah pada kehamilan

Menurut penelitian, wanita yang mengonsumsi 200 miligram atau lebih kafein per hari dua kali lebih mungkin mengalami keguguran bila kita bandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kafein.

5.    Menyebabkan Masalah Gigi

Mengonsumsi kopi setiap hari juga menimbulkan masalah pada gigi yaitu gigi menjadi kuning. Tain dalam kopi menempel pada gigi dan secara berthap mengubah warna gigi. Jadi jelas bahwa peminum kopi cenderung memiliki gigi yang lebih kuning atau keruh jika kita bandingkan mereka yang jarang meminumnya. Selain tannin, kopi juga mengandung asam yang dapat melunakkan enamel gigi, sehingga memudahkan noda dan kotoran menempel pada gigi.

6.    Mengalami Gangguan Kecemasan

Kafein kita kenal karena kemapuannya meningkatkan kewaspadaan karena menghalangi efek adenosine. Zat kimia otak yang menyebabkan kelelahan pada tubuh. Namun, kafein dalam jumlah besar bisa membuat anda gelisah. Kegelisahan dan kecemasan yang timbul akibat erlalu banyak minum kopi kita kenal dengan kafeinisme.

7.    Menyebabkan Tulang Keropos

Kafein dalam jumlah besar dapat mengganggu penyerapan dan metabolism kalsium. Ini dapt berkontribusi pada penipisan tulang (osteoporosis). Jika anda mengonsumsi terlalu banyak kafein juga dapat menyebabkan otot kamu berkedut. Jika mengalami penarikan kafein, gejala mungkin termasuk otot pegal.

8.   Terjadi Gangguan Kesuburan

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat memberikan efek berbahaya pad organ reproduksi wanita. Ada beberapa masalah kesehatan reproduksi seperti gangguan saluran tuba dan endometriosis karena konsumsi kopi secara berlebihan.

BACA JUGA:Dari Pikulan Menjadi Gerobak, Ini Dia Sejarah Angkringan

Endometriosis adalah penyakit tumbuhnya jaringan pada permukaan bagian dalam dinding Rahim pada luar rongga Rahim. Kondisi ini dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari 1 cangkir kopi sehari memiliki peluang lebih rendah untuk hamil. (*)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: