5 Manfaat Kesehatan Yang Kita Dapat Ketika Mengkonsumsi Buah Ceri

5 Manfaat Kesehatan Yang Kita Dapat Ketika Mengkonsumsi Buah Ceri

5 Manfaat Kesehatan Yang Kita Dapat Ketika Mengkonsumsi Buah Ceri -disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Buah ceri merupakan bagian dari famili rosaceae yang juga mencakup buah persik, plum, dan nektarin yang ada pada buah ceri. Identik dengan buahnya yang mungil berwarna merah menggoda ini sudah ada sejak zaman romawi dulu.

Bahkan buah ceri tergolong dalam 2 jenis yaitu ceri yang rasanya manis dan ceri yang rasanya asam. Kandungan kalium yang ada dalam buah ceri sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena hipertensi dan stroke.

Bukan hanya itu saja buah ceri juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah, menjaga kecukupan cairan tubuh. Tak jarang juga buah ceri sering kita olah menjadi berbagai jenis makanan salah satunya adalah yang terppopuler adalah kue.

Walau ukurannya kecil tapi siapa sangka ternyata buah ceri menawarkan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Maka dari itu kali ini kita akan membahas berbagai manfaat buah ceri untuk kesehtan, antara lain:

1.Meningkatkan kualitas tidur kita

Siklus tidur yang baik memainkan peran penting dalam proses penurunan berat badan yang kita alami . jika ini bisa terjaga hingga larut malam kita ketahui akan meningkatkan risiko obesitas.

Bahkan orang yang sering bergadang cenderung mengonsumsi ekstra 248 kalori setiap harinya. Hal itu lebih banyak mengonsumsi seperti memakan makanan instan dan jarang makan sayur serta buah.

Akan tetapi kabar baiknya kandungan melatonin yang tinggi dalam buah ceri membantu untuk memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Dengan begitu kalian akan bisa bangun dengan segar pada pagi hari dan siap memulai aktivitas.

 

2.Sumber serat pektin

Buah ceri merupakan salah satu sumber serat yang baik untuk tubuh. Menurut Verywellhealth satu cup atau sekitar 138 gram buah ceri mengandung 3 gram serat.

Zat gizi ini merupakan cara yang teapat bagi yang ingin menurunkan berat badan. Bukan tanpa alasan serat khususnya yang berjenis pektin dapat memenuhi dan menunda pengosongan lambung.

Pastinya ini akan memicu produksi hormon leptin yang memunculkan sensasi kenyang pada otak sehingga perut terasa kenyang lebih lama.

 

3.Mengandung prebiotik yang menstimulasi pertumbuhan probiotik pada usus

Kandungan serat larut seperti pektin yang terkandung dalam buah ceri juga termasuk sebagai prebiotik. Hal ini yang bertindak sebagai makanan bagi probiotik koloni bakteri yang baik pada usus.

Menurut Webmd probiotik kita ketahui dapat menghambat penyerapan lemak dan kolesterol dan menurunkan nafsu makan. Sebuah studi klinis yang terbit dalam Endocrinology and Metabolism 2020.

Mencoba menginvestigasi efek pemberian probiotik Lactobacillus sakei yang terperoleh dari kimchi pada 114 orang dewasa yang terkategori gemuk. Hasilnya mereka yang mengonsumsi probiotik selama 12 minggu mengalami penurunan massa lemak yang signifikan.

 

4.Melancarkan buang air besar

Berkat kandungan serat pektin yang kaya pada dalamnya buah ceri dapat membantu memperlancar proses defekasi tubuh. Sebab serat pektin bersifat seperti gel yang dapat meningkatkan volume, melembutkan feses, dan memperpendek waktu transit feses pada usus. Dengan demikian ketika kita akan buang air besar berjalan lebih lancar.

 

BACA JUGA:Ini Dia 3 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Kita

5.Menjaga kadar gula darah pada tubuh

Selain kandungan kaya serat buah ceri juga kita kenal sebagai buah yang memiliki indeks glikemiks rendah. Indeks glikemis merupakan indikator cepat atau lambatnya karbohidrat atau zat gizi lainnya dalam meningkatkan gula darah.

Jika semakin rendah indeks glikemiks suatu makanan maka semakin lambat pula laju kenaikan gula darah setelah makanan masuk dalam tubuh. Pastinya ini akan membawa keuntungan bagi tubuh karena memberi sensasi kenyang yang lebih tahan lama.

 

Demikian pembahasan kita mengenai 5 manfaat yang ada dalam buah ceri, semoga bisa bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: