Ini Dia 3 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Kita

Ini Dia 3 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Kita

Ini Dia 3 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Kita-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID  Buah nangka merupakan tanaman tropis dari suku Moraceae  dan mengandung vitamin C, kalium, serat, serta mineral pada buah nangkaBuah nangka juga memiliki rasa yang manis dan legit khas pada dagingnya.

Pada Negara Indonesia nangka tidak hanya kita konsumsi dalam bentuk buah segar, tetapi juga bisa kita jadikan sayur yang luar biasa sedapnya. Bukan itu saja bijinya pun bisa kita nikmati dan bermanfaat untuk tubuh kita.

Pohon nangka merupakan pohon terbesar dan berat serta buahnya sendiri bisa mencapai puluhan kilogram.  Kandungan protein nangka ternyata tiga kali lipat lebih banyak dari pada buah lain seperti apel dan mangga.

Buah nangka juga kaya akan berbagai jenis antioksidan, maka dari itu kita akan membahas 3 manfaat buah nangka untuk kesehatan.

1.Dapat membantu mencegah kanker

Kandunga beberapa senyawa alami seperti fitonutrien dapat memiliki manfaat dalam melawan kanker serta berperan mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Buah nangka juga mengandung beberapa zat fitokimia seperti flavonoid, saponin, dan tanin.

Yang memiliki sifat sebagai antioksidan sehingga dapat membantu melawan efek radikal bebas pada tubuh. Menurut American Institute for Cancer Research radikal bebas merupakan molekul yang sangat reaktif dan dapat merusak sel-sel tubuh.

Kerusakan sel ini kita sebut sebagai stres oksidatif yang kemudian dapat berkembang menjadi beberapa penyakit kronis seperti kanker. Bukan hanya sebagai antioksidan fitokimia juga dapat mencegah tumbuhnya pembuluh darah yang baru pada sekitar sel kanker.

Pembuluh darah yang tumbuh dapat menyebabkan suplai darah semakin bertambah dan pertumbuhan sel semakin cepat, sehingga makin meningkatkan risiko kanker.

2.Dapat menurunkan kadar kolesterol jahat

Dalam penelitian World Academy of Science, Engineering and Technology, International Journal of Biological, Biomolecular, Agricultural, Food and Biotechnological Engineering 2015. Tikus yang mengonsumsi makanan yang kaya akan biji nangka mengalami peningkatan kadar HDL.

Bahkan bukan hanya itu saja akan tetapi ikut serta penurunan kadar LDL terbanding tikus makan biji nangka lebih sedikit. LDL merupakan penumpukan endapan lilin yang menempel pada dinding bagian dalam arteri.

Menumpuknya kolesterol jahat dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti membatasi aliran darah, meningkatkan risiko serangan jantung dan meningkatkan risiko stroke. Kolesterol jahat yang membatasi aliran darah juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi

Bahkan HDL memiliki peran untuk menghilangkan kolesterol jahat dari pembuluh darah arteri dan mengembalikannya ke hati.

3.Dapat menurunkan tekanan darah

Buah nangka yang kaya akan kalium atau potasium yang dapat bermanfaat menurunkan tekanan darah. Ini berkat kandungan kalium dalam buah nangka yang dapat menangkal efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah.

Tekanan darah yang stabil dapat membantu mencegah penyakit jantung, stroke, dan keropos tulang. Kalium yang tinggi juga dapat berbahaya bagi penderita penyakit ginjal atau kondisi sejenisnya yang dapat mengubah cara tubuh mengatur kalium.

Kandungan kalium dalam nangka juga tidak kalah bermanfaat untuk tubuh kita. Menurut American Heart Association (AHA) makanan yang kaya akan kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Karena buah nangka kaya akan kalium maka manfaat ini bisa kalian dapat untuk kesehatan. Bahkan dalam sepotong buah nangka mentah atau setidaknya terdapat 730 miligram (mg) kalium. (AHA) merekomendasikan konsumsi 4.700 mg kalium setiap harinya.

Karenanya dengan beberapa potong buah nangka sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral penting ini setiap hari.

BACA JUGA:Ini Dia 4 Manfaat Untuk Kesehatan Ketika Kalian Mengkonsumsi Ini 

Demikian pembahasan kita mengenai 3 manfaat buah nangka untuk kesehatan kita, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: