Ini Dia 5 Manfaat Sayur Turnip Untuk Kesehatan

Ini Dia 5 Manfaat Sayur Turnip Untuk Kesehatan

Ini Dia 5 Manfaat Sayur Turnip Untuk Kesehatan -disway jateng-

DISWAYJATENG.ID  Turnip merupakan sayur sejenis lobak yang memiliki nama ilmiah Brassica rapa tetapi kita sering menyebutnya Turnip. Sayuran ini merupakan salah satu sayuran tertua yang sudah banyak kita budidayakan.

Sayuran ini berwarna putih keunguan dan memiliki rasa yang tajam dan nutrisinya sangat melimpah sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Pada seluruh bagian dari sayur ini bahkan termasuk bagian akar dan daunnya juga aman dan baik untuk kita konsumsi.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Manfaat Buah Kelapa Terutama Airnya Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Maka dari itu kali ini kita akan membahas 5 manfaat sayur tunik untuk kesehatan, antaranya adalah.

 

1.Dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Kandungan kadar kalium atau potasium serta serat yang tinggi pada dapat bermanfaat bagi tubuh dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Bagi kalium mungkin dapat membantu mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri karena dapat menurunkan tekanan darah.

Sayur ini juga bisa membantu mencegah perkembangan aterosklerosis, serangan jantung, serta strok. Sementara itu kandungan seratnya juga baik untuk mengurangi kadar kolesterol yang berlebihan pada jantung.

 

2.Dapat meningkatkan pencernaan dan meringankan masalah usus

Ketika kita mengonsumsi turnip secara teratur akan sangat baik untuk kesehatan pencernaan kita. Karena kandungan dalam turnip kaya akan serat, sehingga bisa baik untuk mengurangi berbagai risiko penyakit divertikular dan penyakit pencernaan lainnya.

Makanan tinggi serat seperti turnip dapat meningkatkan populasi bakteri probiotik usus dapat membantu mengurangi peradangan serta kelancaran buang air besr. Maka dari itu menkonsumsi sayur ini bisa meningkatkan kesehatan usus dan meringankan kondisi perut kembung dan sembelit.

 

3.Dapat memiliki efek perlindungan terhadap hati dan ginjal

Kandungan ekstrak etanol dalam akar turnip dan ekstrak air pada turnip dapat melindungi hati dari toksisitas. Menurut Stylecraze efek ini terbuktik melalui berbagai studi pada tikus yang menunjukkan bahwa turnip dapat melindungi hati dari cedera hati.

Serta melindungi fibrogenesis atau pembentukan jaringan parut dalam hati juga dapat memiliki efek perlindungan terhadap cedera ginjal pada tikus.

 

4.Dapat membantu mengontrol kadar gula darah

Dari beberapa penelitian terhadap tikus telah menunjukkan bahwa turnip mungkin memiliki efek antidiabetes dan dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Dalam penelitian yang terjadi selama 28 hari pada tikus tersebut, dosis harian sebanyak 200 sampai 400 mg.

Ekstrak daun turnip per kg berat tikus dapat menurunkan kadar gula darah tikus secara signifikan. Bahkan menunjukkan kadar kolesterol jahat yang lebih rendah.

Mengutip Healthline yang berdasarkan penelitian-penelitian terhadap tikus tersebut, efek antidiabetes pada turnip mungkin penyebabya ada beberapa faktor. Yaitu peningkatan pembersihan gula darah, penurunan produksi glukosa oleh hati, dan penyerapan karbohidrat yang berkurang

Akan tetapi, penelitian terhadap manusia perlu dilakukan untuk memastikan dengan jelas efek antidiabetes ini pada manusia.

 

5.Dapat mengurangi risiko kanker

Ketika kita menkonsumsi turnip dapat terkait dengan risiko kanker yang lebih rendah karena beberapa senyawa pada dalamnya mungkin memiliki efek perlindungan terhadap kanker. Yaitu seperti senyawa 3,3′-diindolylmethane.

Menurut sebuah studi dalam jurnal Nutrition Reviews 2016 bahwa senyawa tersebut dapat memiliki efek pencegahan terhadap kanker payudara. Senyawa sulforafan dalam turnip juga bisa berperan dalam pengobatan kanker.

Studi jurnal Antioxidants & Redox Signaling 2015 menyatakan senyawa sulforafan dapat mengganggu fungsi enzim yang berkontribusi terhadap berkembangnya sel kanker.

Bahkan tidak hanya itu kandungan glukosinolat dan isotiosianat dalam turnip juga memiliki sifat antikanker.

 

Demikian pembahasan kita mengenai 5 manfaat sayur turnip untuk kesehatan kita, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: