Pemkab Tegal Gelar Diseminasi Informasi Masyarakat Desa Lewat Program Tilik Desa

Pemkab Tegal Gelar Diseminasi Informasi Masyarakat Desa Lewat Program Tilik Desa

DIALOG - Bupati Tegal Umi Azizah menyempatkan diri berdialog dengan anak Desa Sumbaga, Kecamatan Bumijawa.-Hermas Purwadi -Radar Tegal

 

SLAWI, DISWAYJATENG - Ajang tilik desa yang dilakukan Bupati Tegal Umi Azizah bersama kepala OPD di Desa Sumbaga Kecamatan Bumijawa disambut antusiasme warga.

Kegiatan yang dipusatkan di depan SD Negeri Sumbaga 01 tersebut dipadati warga desa setempat yang antusias mengikuti dialog interaktif langsung dengan Bupati Umi Azizah.

Sedang tma yang diusung dalam kegiatan kali ini terkait diseminasi informasi kepada masyarakat. 

Kepala Dinas Kominfo Dra Nurhayati MM melalui, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Kusnianto menyatakan, kegiatan ini merupakan tilik desa kedua di tahun 2023 ini.

" Seminggu yang lalu, pada Rabu 7 Juni 2023 , Bupati Tegal juga mengadakan tilik desa di Prupuk Utara kec Margasari. Tahun ini di rencanakan Bupati Tegal akan tilik desa di seluruh wilayah kecamatan secara berurutan sampai nanti bulan Nopember 2023," ujarnya Kamis ( 15/6).

Sebelum dialog interaktif, pada pagi harinya sejumlah dinas, instansi dan lembaga membuka layanan masyarakat seperti pelayanan keselamatan KB dan cek kesehatan, pelayanan donor darah, pembuatan KTP, KK dan surat pindah, pembayaran PBB, pembayaran pajak kendaraan bermotor, pembuatan kartu BPJS dan perpanjangan SIM A dan C.

Ratusan masyarakat hadir memenuhi tempat dialog, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Masyarakat yang hadir tidak hanya berasal dari desa Sumbaga saja, melainkan juga desa lain disekitarnya yang masih dalam cakupan wilayah Kecamatan Bumijawa.

"Guna menyambut kedatangan Bupati dan OPD, dihadirkan penampilan terbaik dari lomba kesenian khas daerah Bumijawa yang diadakan sehari sebelumnya. Penampilan tersebut antara lain Tari Kuntulan dari desa Bumijawa, Tari Lodong dari desa Cempaka, dan Terbang Kencer Biolanan dari Desa Sumbaga," cetusnya.

Kepala Desa Sumbaga Aminudin, mengucapkan selamat datang kepada Bupati dan OPD yang berkunjung di desanya.

Dalam kesempatan tersebut, Aminudin menceritakan kendala di Desa Sumbaga terutama adalah terkait perbaikan dan pelebaran jalan.

“Hingga saat ini masih ada dua orang yang tidak mau melepaskan tanahnya. Sedangkan jalan tersebut adalah akses utama dari berbagai desa. Dengan terhambatnya pembangunan jalan itu, kendaraan besar seperti truk melewati jalan-jalan desa. Hal itu membuat jalanan desa menjadi rusak,” ungkapnya.

Sebelum dialog interaktif, Bupati Tegal Umi Azizah memaparkan beberapa program dan himbauan yang saat ini tengah digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal. Hal tersebut terkait era digitalisasi, Umi menghimbau agar orang tua mengawasi anak agar tidak masuk ke sesuatu yang tidak baik dan mengarahkan anak pada kegiatan positif seperti hobi olahraga dan seni.

Selain itu, Umi juga memberikan informasi kepada warga bahwa sekarang dapat mendaftar kerja melalui online, sehingga tidak memerlukan calo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: