5 Manfaat Buah Semangka Kuning Untuk Kesehatan

5 Manfaat Buah Semangka Kuning Untuk Kesehatan

5 Manfaat Buah Semangka Kuning Untuk Kesehatan-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID - Semangka adalah salah satu buah favorit banyak orang sukai karena rasanya yang manis dan segar pada semangka. Buah ini kita kenal dengan dagingnya yang berwarna merah cerah, manis, dan tinggi akan kandungan airnya.

 

Akan tetapi yang ada pada pasar yang kita lihat  memiliki daging berwarna merah, namun ada juga semangka yang berwarna kuning. Pada mulanya semangka memiliki daging buah berwarna kuning kemudian modifikasi genetiknya membuat warna daging buahnya berubah dari kuning menjadi merah.

 

Maka dari itu kali ini kita akan membahas 5 manfaat buah semangka kuning, antaranya:

 

1. Meredakan nyeri otot dan kelelahan

Nyeri otot dan kelelahan adalah masalah yang kita rasakan oleh banyak orang setelah berolahraga. Namun jika kita minum jus semangka kuning setelah olahraga sangat bagus untuk mengatasi hal ini.

Citrulline membantu melancarkan sirkulasi darah yang kita perlukan untuk menghilangkan kelelahan otot setelah latihan fisik. Karena alasan ini minum jus semangka kita anggap sebagai minuman kesehatan yang ideal untuk para atlet.

 

2. Meningkatkan kesehatan mata

Semangka kuning tinggi kandungan vitamin A dan karotenoid yang membuatnya bagus untuk kesehatan mata dan menurunkan risiko berbagai penyakit mata. Menurut studi dalam The Journal of Nutrition tahun 2002.

Jika kita memakan semangka kuning secara rutin dapat menyuplai vitamin C nutrisi penting untuk memperlambat terjadinya katarak. Vitamin A mampu meningkatkan kesehatan penglihatan dengan mencegah kekeringan mata dan meminimalkan risiko rabun senja.

Antioksidan dalam semangka kuning yang ada seperti vitamin C, fitonutrien, polifenol, dan flavonoid. Dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas serta membantu meminimalkan risiko degenerasi makula terkait usia, katarak, dan glaukoma.

Senyawa lain yang ada seperti lutein dan zeaksantin dalam semangka kuning juga baik untuk menjaga fungsi penglihatan.

 

3. Membantu mengelola penyakit kronis

 

Menurut Studi dalam jurnal Molecules tahun 2020 menunjukkan bahwa mengonsumsi semangka dapat membantu mengobati dan mengurangi risiko penyakit. Seperti penyakit  kardiovaskular, diabetes, kanker, obesitas, dan penyakit terkait usia lainnya.

Manfaat ini terkait dengan adanya kandungan fitokimia seperti likopen, citrulline, dan senyawa polifenol lainnya. Selain itu mengkonsumsi buah ini juga membantu mengelola berat badan yang penting untuk mencegah berbagai penyakit kronis terkait berat badan.

Senyawa L-citrulline dalam semangka juga dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga dan pemulihan.

 

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut studi dalam Journal of Chromatography tahun 2005 vitamin B6 atau piridoksina yang kita temukan dalam semangka kuning. Ini dapat meningkatkan produksi antibodi, yang bertanggung jawab dalam memerangi mikroba penyebab penyakit.

Vitamin ini juga berperan dalam pemecahan protein sehingga dapat kita serap lebih baik oleh tubuh. Semangka kuning juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya dan infeksi.

Semua kualitas ini membuat semangka kuning bermanfaat untuk melindungi tubuh kita agar tidak mudah sakit.

 

BACA JUGA:Berbagai Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh Kita

 

5. Mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular

Buah semangka kuning mengandung antioksidan, fitokimia, dan potasium atau kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Buah ini juga merupakan sumber vitamin A dan C yang membantu mengurangi peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Semua nutrisi ini membuat semangka kuning bermanfaat untuk meningkatan kesehatan kardiovaskular. Sebuah studi yang dalam jurnal Advances in Health Sciences Research tahun 2019.

Menyatakan bahwa semangka kuning terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, meningkatkan  kolesterol baik, dan mengurangi peradangan pada pasien dengan risiko penyakit kardiovaskular.

 

Demikian pembahasan kita mengenai 5 manfaat buah semangka kuning untuk kesehatan, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: