Berbagai Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh Kita

Berbagai Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh Kita

Berbagai Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh Kita-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID –  Daun sirih adalah salah satu tanaman yang banyak mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh kita terutama pada daun sirih. Sirih juga tanaman asli dari Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain.

 

Biasanya sirih juga banyak nama penyebutannya seperti suruh, sireh, bido, base dan amo. Bahkan sebagai budaya daun dan buahnya bisa kita kunyah bersama gambir, tembakau, pinang dan kapur yang sering pada orang tua.

 

Salah satu yang sering kita dengar mafaat daun sirih sangat bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan tubuh kita. Kali ini kita akan membahas berbagai manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh kita, antara lain:

 

1.Anti Proliferasi

Proliferasi adalah istilah yang kita gunakan untuk menggambarkan proses sel mengalami siklus tanpa hambatan yaitu sel terus bertambah tanpa terkontrol. Pada individu yang memiliki kondisi kesehatan akibat gangguan sel dengan mengunakan manfaat sirih merah bisa sangat membantu.

Ekstrak metanol daun sirih merah mampu menghambat pertumbuhan kanker payudara yang terjadi dalam tubuh kita. Penyakit ini merupakan salah satu bentuk gangguan kesehatan akibat tidak seimbangnya sel dalam tubuh.

 

2.Anti diabetes

Kita sering melihat obat-obatan anti diabetes yang pada umumnya memberikan dampak dan efek samping pada organ hati dan ginjal. Menurut  jurnal Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical.

Menurutnya menyebutkan bubuk daun sirih yang kita keringkan mampu menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes melitus tipe dua. Alternatif obat herbal ini bekerja tanpa menimbulkan efek samping pada pasien yang baru terdiagnosis.

Bubuk daun sirih termasuk yang merah bekerja dengan menurunkan kadar stres oksidatif dan mengurangi kadar glukosa.

 

3.Antioksidan

Sebuah studi yang terpublis dalam Jurnal Pendidikan Kimia mencoba menguji aktivitas antioksidan pada sirih merah.  Hasilnya pada tumbuhan ini memiliki kadar antioksidan mencapai 84.656 yang terkategorikan sebagai antioksidan kuat. 

Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang sangat tubuh perlukan guna menangkal radikal bebas. Dalam kesehatan antioksidan merupakan salah satu benteng pertahanan guna menjaga kondisi tubuh.

 

4.Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol menjadi salah satu penyakit dengan dampak meluas seperti bisa memicu penyakit jantung dan stroke. Penyakit kolesterol kini tidak lagi mengintai orang tua sajaakan tetapi  banyak kita jumpai individu usia muda yang menderita penyakit ini.

Seperti yang terpublikasi dalam jurnal Fitokimia menunjukkan peran daun sirih merah guna mengontrol kadar trigliserida. Dan hasilnya adalah kadar lipid pun ikut menurun dan menunjang kesehatan.

 

BACA JUGA:Ini Dia 5 Manfaat Sirih Merah Untuk Kesehatan Tubuh Kita

 

5.Mengurangi keputihan

Antiseptik dari sirih merah dapat membantu menjaga organ pada tubuh perempuan, sehingga agar tetap bersih. Selain itu juga daun sirih sudah bisa kita gunakan secara tradisional sebagai pemberi aroma alami yang aman bagi tubuh perempuan

 

6.Membantu kondisi artritis reumatoid

Menurut  Jurnal Farmasi Sains dan Praktis tahun 2021, brazilin merupakan salah satu senyawa flavonoid dari daun sirih merah. Yang aktif berpotensi sebagai antiinflamasi pada penyakit artritis reumatoid.

Selain itu brazilin juga mampu menghambat kerja TACE yang mencegah pembentukan sitokin pro-inflamasi TNF-α. Yang  melalui pembentukan ikatan hidrogen pada protein dengan afnitas energi ikatan yang bernilai negatif. 

 

Demikian pembahasan kita mengenai berbagai manfaat daun sirih untuk alternatif mengobati berbagai penyakit yang ada dalam tubuh kita. Akan tetapi jika sudah menggunakan alternatif pengobatan menggunakan daun sirih tidak ada perubahan maka kita harus segara periksa ke dokter.

Semoga bisa bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: