Bisa Jadi Pertolongan Pertama, Ini Dia Titik Pijat Asam Lambung

Bisa Jadi Pertolongan Pertama, Ini Dia Titik Pijat  Asam Lambung

Beberapa titik pijat ini dapat menyembuhkan penyakit asam lambung--

DISWAYJATENG -  Titik pijat mana saja bagi penderita asam lambung? Saat asam lambung naik, menjadi kondisi yang sangat membuat kita tidak nyaman.

Jika anda mengalami situasi seperti ini, jangan tunggu semakin parah. Anda dapat mencoba meredakannya dengan memijat bebrepa titik tertentu yang sesuai dengan pengobatan tradisional Cina .

Ketika asam lambung naik atau yang kita kenal dalam dunia medis yaitu kondisi GERD. Yakni kondisi saat asam lambung naik dari perut menuju ke kerongkongan (refluk asam).

Beberpa gejalanya yang dapat anda rasakan adalah seperti adanya sensasi terbakar pada dada dan seperti ada makanan tersangkut pada tenggorokan. Kadang bisa juga dengan tanda batuk kering serta kesulitan menelan, sesak nafas, radang tenggorokan.

Untuk penyebab asam lambung naik itu sendiri adalah melemahnya katup pada bagian bawah kerongkongan. Asam lambung yang seharusnya tidak bisa naik ke atas menjadi naik melewati katup esofagus dan mengiritasi dinding esofagus.

Titik Pijat Untuk Asam Lambung

1.       Titik Zu San Li

Titik pijat zu san li berada pada bawah mata lutut luar, satu inchi pada samping puncak tibia. Untuk mengetahui titik ini, cobalah anda duduk dan tekuk kaki menjadi 90 derajat. Lalu temukan 4 jari lurus ke bawah dari bagian luar sendi lutut.

Titik ini penting sebagai titik pijat karena berperan dalam kesehatan lambung dan bekerja memprkuat serta memelihara limpa dan lambung. Selain dapat meredakan perut kembung yang terkait dengan GERD juga membantu mengatasi masalah buang air besar.

2.       Titik Neiguan

Titik pijat ini bernama titik neiguan. Terletak dua inchi pada atas lipatan melintang pergelangan tangan. Detailnya kir-kira jarak dari lipatan pergelangan tangan sekitar tiga jari. Posisi antara dua tendon pada pergelangan tangan. Titik ini terhubung dengan bagaian dada dan perut manusia, sehingga memijat titik ini dapat meredakan banyak hal. Seperti sesak dada, jantung berdebar, batuk sakit perut dan peningkatan asam lambung. Cobalah rangsang titik ini dengan memijat menggunaka jari, tongkat pijat atau buku jari yang anda tekuk.

3.       Titik Taichong

Titik pijat lainnya adalah titik taichong. Berlokasi pada punggung kaki tepatnya berada pada persimpangan plana pertama dan kedua, 5 cm pada atasnya. Tepatnya pada persimpangan jempol kaki dan telunjuk kaki. Menekan dan memijat titik ini dapat membantu meredakan kecemasan, ketegangan, perasaan lekas marah, depresi hingga insomnia.

Selain itu cocok juga untuk gejala GERD seperti sakit perut, mulas sesak dada dan lainnya.

4.       Titik Zhongwan

Titik zhongwan menjadi salah satu titik pijat untuk asam lambung yang terletak pada perut. Tepat pada garis tengah depan, pada garis yang menghubungkan ujung bawah tulang dada dan pusar. Berjarak 4 jari dari pusar. Saat anda berdiri maupun berbaring telentang, akan merasakan titik lengah antara ujung bawah tulang dada dan pusar. Itu adalah titik zhongwan ini.

Cara Mencegah Asam Lambung Naik

Deteksi dini asam lambung akan sangat membantu mengurangi bahkan menghentikan perasaan tidak nyaman dari gejala GERD ini. Penting juga untuk melakukan langkah-langkah pencegahan agar asam lambung yang naik tidak akan mudah kambuh antara lain:

BACA JUGA:Ada 9 Cara Mengatasi Mual Saat Asam Lambung Naik, Ini Dia

1.       Menghindari roko dan alcohol

2.       Menjaga berat badan

3.       Hindari makanan pemicu serta mengonsumsi minuman berkabonasi dan lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: