Ada 9 Cara Mengatasi Mual Saat Asam Lambung Naik, Ini Dia

Ada 9 Cara Mengatasi Mual Saat Asam Lambung Naik, Ini Dia

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan saat mual gejala asam lambung naik--

DISWAYJATENG – Gejala asam lambung naik bisa anda ketahui biasanya berawal dari mual. Walaupun demikian kondisi seperti ini tetap perlu anda atasi karena dapat mengganggu aktivitas anda.

Ketika anda tiba-tiba merasakan mual dapat anda atasi dengan cara mengonsumsi makanan secara perlahan-lahan. Karena jika anda mengonsumsi makanan dengan terburu-buru berisiko merangsang saluran cerna untuk memproduksi gas berlebih.

Penyakit asam lambung merupakan contoh gangguan pencernaan yang memikiki tanda dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Kondisi seperti ini menimbulkan berbagai gejala salah satunya adalah keluhan mual.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan kondisi tersebut. Mulai dari makan dengan porsi sedikit namun sering, minuman herbal atau mengonsumsi obat. Berikut ini penjelasannya

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

1.       Menghindari Kebiasaan Berbaring Setelah Makan

Cara yang pertama yang dapat anda lakukan adalah menghindari kebiasaan berbaring setelah makan. Berbaring setelah makan dapat memperburuk rasa mual karena menyebabkan asam lambung naik menuju kerongkongan. Anda dapat memberi jeda 2 – 3 jam jika ingin berbaring atau tidur.

2.       Minum Air Putih yang Cukup

Cara berikutnya adalah minum air putih yang cukup. Karena dehidrasi atau kekurangan cairan bisa memperburuk kondisi seseorang yang sedang mengalami mual akibat asam lambung naik.

Selain itu juga minum air putih yang cukup dapat menetralkan kadar asam dalam lambung sehingga mampu meredakan gejala maag.

3.       Membatasi Konsumsi Susu

Jika maag anda sedang kambuh, anda lebih baik membatasi konsumsi susu dan produk olahannya.

Susu memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kadar asam lambung sehingga dapat memperburuk gejala maag.

4.       Makan Secara Perlahan

Cara meredakan mual selanjutnya adalah dengan mengunyah makanan secara perlahan. Hal ini dapat mencegah produksi gas berlebih dalam saluran pencernaan yang dapat memperparah gejala maag. Selain itu, mengunyah makanan secara perlahan juga turut mempermudah sistem pencernaan dalam mengolah dan mencerna makanan.

5.       Makan Porsi Sedikit Namun sering

Pemicu asan lambung naik yang jarang kita sadari adalah mengonsumsi makanan dengan porsi berlebihan. Oleh karena itu, jika maag sedang kambuh anda kami sarankan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit namun sering.

Selain memperhatikan porsinya, juga perlu membatasi jenis makanan tertentu untuk mencegah timbulnya gejala asam lambung naik. Seperti makanan asam, bawang-bawangan, cokelat serta sayuran yang sulit anda cerna.

6.       Mengonsumsi Jahe

Konsumsi jahe juga menjadai salah satu cara menghilangkan mual saat asam lambung naik. Jahe mengandung senyawa gingerol dan shogool yang memiliki efek antiemetic sehingga dapat meredakan rasa mual. Untuk caranya, rebusa jahe pada air mendidih selama 5-8 menit. agar lebih segar anda dapat menambahkan perasan lemon ke dalam air rebusan jahe terebut.

7.       Meninggikan posisi Kepala saat tidur

Cobalah untuk meninggikan posisi kepala saat anda sedang berbaring atau tidur. Posisi ini dapat membantu mencegah naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

8.       Menghindari Minuman Beralkohol dan Berkafein

Salah satu minuman yang harus anda hindari untuk mengurangi rasa mual saat asam lambung naik adalah minuman beralkohol. Minuman beralkohol dapat merangsang asam lambung naik sehingga turut memperparah rasa mual. Selain minuman beralkohol, konsumsi minuman yang mengandung kafein juga sebaiknya anda hindari. Karena itu penting juga untuk membatasi konsumsi minuman berkafein untuk menghilangkan rasa mual.

9.       Mengonsumsi Obat-obatan

Untuk menghilangkan rasa mual dengan cepat dan efektif, anda dapat mengonsumsi obat antiemetik . seperti Bismuth subsalicylate. Obat ini akan bekerja dengan melindungi lapisan lambung sehingga mampu meredakan mual.

BACA JUGA:Jangan Kaget, Tanaman Ini Bisa Mengobati Penyakit Mata

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa mual ketika asam lambung naik yang dapat anda lakukan. Selamat Mencoba. (*)

  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: