Anda Harus Tahu, Segudang Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

  Anda Harus Tahu, Segudang Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Manfaat daun kelor untuk kesehatan--foto by Jpnn

DISWAYJATENG.ID - Anda Harus Tahu, Segudang Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan. Ungkapan "Dunia tak selebar Daun Kelor” merupakan peribahasa yang sudah sering kita dengar.  Melihat dari arti peribahasa ini yaitu bahwa dunia itu tidak sempit, tidak selebar (red: sekecil) Daun Kelor

Iya benar, daun kelor itu memang kecil. dan mungkin kita sering menjumpainya, tetapi tidak menyadari bahwa tanaman itu adalah daun kelor.

Sebetulnya kelor (Moringa oleifera) adalah tanaman yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Berdasarkan sejarah, bahwa tanaman kelor ini berasal dari kaki gunung Himalaya atau India Utara. Lalu menyebar ke Afrika dan negara-negara tropika, sampai ke sub tropis termasuk Indonesia. 

BACA JUGA: Wisata Guci Terbaru, Jangan sampai Terlewatkan

Pada saat ini masyarakat Indonesia semakin mengenal kelor dan sekarang banyak menanamnya baik pada pekarangan maupun pada lahan terbuka. Apalagi kelor ini memiliki segudang manfaat yang baik bagi kehidupan manusia. kelor ini mampu tumbuh dengan baik pada daerah yang mempunyai tipe iklim A seperti Riau dan Sumatera Barat. 

Bahkan sampai pada wilayah semi arid dengan tipe iklim E seperti NTT dan NTB. Dan hal inilah yang membuktikan peluang untuk membudidayakan kelor ini dalam upaya untuk mendapatkan varietas yang terbaik atau unggul itu masih sangat terbuka lebar pada kawasan negara Indonesia.

Anda Harus Tahu, Segudang Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Sebagai tanaman yang banyak dan tumbuh, kelor ini memiliki banyak manfaat dan telah lama memanfaatkannya untuk berbagai macam keperluan masyarakat pada daerahnya masing-masing.

Khasiat kelor yang paling utama dan terkenal yaitu kandungan manfaat pangan sebab kandungan nutrisi dan gizinya yang tinggi, dan berguna bagi kesehatan tubuh manusia.

Dan dari beberapa hasil penelitian, selain mudah membudidayakannya, kelor mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi semisal kandungan vitamin C yang tujuh kali lebih hebat dari jeruk. 

Selain itu juga kandungan calciumnya empat kali lebih tinggi dari calcium yang terdapat pada susu. Untuk Kandungan vitamin A pada kelor empat kali lebih tinggi dari kandungan dalam wortel. 

Dan masih banyak juga kandungan gizi lainnya semisal potassium yang tiga kali lebih tinggi bila membandingkannya dengan potassium dalam pisang. 

Ada pula kandungan protein yang lebih tinggi dari yogurt. Bahkan untuk kandungan zat besi pada daun kelor menyatakannya 25 kali lebih tinggi dari kandungannya dalam bayam. 

Untuk Daun kelor mengetahuinya pula mempunyai kandungan senyawa-senyawa antioksidan seperti flavonoid, tannin, saponin, steroid dan vitamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkeu ri