Yuk Jaga Elastisitas Kulit Kita dengan Perawatan yang Benar Setiap Hari

Yuk Jaga Elastisitas Kulit Kita dengan Perawatan yang Benar Setiap Hari

Yuk Jaga Elastisitas Kulit Kita dengan Perawatan yang Benar Setiap Hari--

DISWAYJATENG.ID – Yuk Jaga Elastisitas Kulit Kita dengan Perawatan yang Benar Setiap Hari. Mari sama-sama menjaga kulit kita agar senantiasa sehat.

 

BACA JUGA:Dulu Pernah Jadi Rebutan Tiongkok, Laut Natuna yang 100 % milik Indonesia!!

Memiliki kulit sehat itu tidaklah datang begitu saja dengan sendirinya. Untuk mendapatkannya, Anda harus senantiasa menjaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan bergizi maupun menggunakan produk-produk perawatan kulit.

 

Kulit adalah merupakan organ terbesar pada tubuh manusia yang terdiri dari beberapa lapisan kulit. Setiap lapisan kulit memiliki fungsinya masing-masing.

 

Epidermis adalah bentuk lapisan terluar yang berfungsi untuk melindungi kulit kita dari berbagai hal yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, seperti debu, kuman, dan paparan sinar matahari. Lapisan pada bawah epidermis, ada lapisan yang bernama dermis yang terdiri dari pembuluh darah, folikel rambut, dan kelenjar minyak.

 

Lapisan terakhir adalah lapisan jaringan subkutan yang fungsinya untuk melindungi organ-organ yang ada dalam tubuh dan menjaga suhu tubuh tetap normal. Seiring dengan berjalannya waktu, kondisi kulit bisa mengalami penuaan loh atau bahkan kerusakan hingga mengakibatkan terganggu fungsinya.

 

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertahankan kesehatan dan ketahanan organ pelindung dengan melakukan perawatan kulit secara rutin.

 

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit dapat kita lakukan melalui berbagai cara, yaitu dengan :

1. Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur, mengandung banyak sekali nutrisi yang dapat menjaga kesehatan kulit. Sebagai contoh, vitamin C pada jeruk, stroberi, dan brokoli mampu mencegah munculnya kerutan pada kulit.

 

Sementara itu, vitamin E yang dapat kita temukan  pada buah alpukat, anggur, dan tomat. Buah-buah tersebut  memiliki fungsi yang tak kalah penting, yaitu mencegah kerusakan sel kulit karena sifat antioksidannya.

 

2. Gunakan tabir surya

Penggunaan tabir surya adalah salah satu cara terpenting untuk kita menjaga kesehatan kulit. Tabir surya mengandung SPF dan PA yang melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berlebihan, seperti iritasi, hingga kanker kulit.

 

3. Bersihkan wajah secara rutin

Kita harus membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari itu adalah cara yang ampuh dalam menjaga kesehatan kulit. Gunakanlah produk pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung detergen serta pewangi untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit wajah.

 

4. Gunakan pelembap

Tidak hanya untuk pemilik kulit kering, pemilik kulit berminyak juga perlu menggunakan pelembap untuk menjaga kesehatan kulit. Selain melembapkan, pelembap juga bisa mencegah keriput dan menjaga keutuhan skin barrier. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: