Inilah 5 Rekomendasi Wisata Air Terjun di Brebes, Wajib Kamu Kunjungi!

Inilah 5 Rekomendasi Wisata Air Terjun di Brebes, Wajib Kamu Kunjungi!

--instagram; fahri.bahtiiar

 

DISWAYJATENG.ID - Wisata air terjun adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Air terjun biasanya terbentuk ketika aliran sungai mengalir melalui area dengan perbedaan ketinggian yang signifikan, menciptakan efek air yang jatuh dengan kuat dan spektakuler.

Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terdapat beberapa air terjun yang bisa kamu kunjungi.

Brebes dikenal memiliki wisata air terjun yang elok karena alam Brebes mendukung untuk wisata air ini. Banyak air terjun di Brebes yang layak dikunjungi.

Beberapa air terjun di Brebes atau curug bahkan masih tersembunyi atau sebagai wisata hidden gem sehingga masih alami. Wisata seperti ini tentu cocok banget bagi yang suka ketenangan.

Menyuguhkan panorama alam yang spektakuler dengan keindahan air terjun yang jarang ditemukan di tempat wisata lain.

Berikut 5 rekomendasi air terjun di Brebes yang wajib kamu kunjungi

1. Curug Cantel

Wisata Curug Cantel merupakan salah satu wisata curug atau air terjun yang cantik, namun letaknya tersembunyi. Lokasinya berada di Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, berbatasan dengan Kabupaten Brebes.

Walaupun letaknya tersembunyi, namun banyak wisatawan yang mengunjungi Wisata Curug Cantel. Indahnya Pemandangan alam yang disajikan sangat memukau mata dan cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri dari aktivitas dan pekerjaan kantor yang melelahkan.

Wisata Curug Cantel ini sangat rekomemded buat kamu yang ingin memiliki foto-foto instagramable karena di sini banyak sekali spot foto yang cantik. Bagi yang ingin memiliki foto yang cantik dari berbagai angle, latar air terjun yang memukau ataupun tempat lain di sekitar curug yang memiliki pemandangan yang tak kalah cantik.

Tiket masuknya  sangat murah, yakni Rp8.000 per orang dan dengan biaya parkir Rp2.000 untuk motor, serta Rp5.000 untuk mobil sudah dapat menikmati keindahan panorama alam dari Wisata Curug Cantel. 

Waktu operasionalnya pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. (untuk harga tiket dan jadwal operasional bisa berubah sesuai dengan aturan pengelola).

BACA JUGA:Ingin Berwisata Sejarah? Museum Semedo Tegal Rekomendasi Buat Kamu

2. Ranto Canyon

Lokasi air terjun di Brebes ini sekitar dua setengah jam perjalanan sepeda motor dari pusat kota. Memiliki ketinggian sekitar 35 meter, air terjun Ranto Canyon sangat asri dan sejuk.

Sesampai di pos pertama dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 750 meter melintasi alam terbuka. Tersedia jasa pemandu dengan biaya Rp30.000 per orang.

Selain berenang, di wisata air ini pengunjung bisa snorkeling di bawah air terjun dan cliff climbing. Buka etiap hari pukul 08.00-17.00 WIB, harga tiket masuk Rp5.000. Lokasi di Desa Windusari, Salem.

3. Curug Putri

Curug putri merupakan curug atau air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 35 meter. Air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras dan jernih.

Akses jalan menuju air terjun di Brebes ini cukup menantang. Lokasinya di Desa Mandala, Kecamatan Sirampong.Dengan pemandangan indah dari curug ini menjadi wisata hidden gem yang ada di Brebes.

4. Curug Rambukasang

Rekomendasi selanjutnya Curug Rambukasang. Debit air curug di Brebes ini cukup deras. Curug Rambukasang memiliki kolam alami di bawa air terjun yang bisa digunakan untuk berenang atau bermain air.

Keindahan curug ini juga sangat cocok bila kamu abadikan lewat kamera.

Lokasi wisata air ini masih tersembunyi sehingga akses menuju curug belum memadai, cukup sulit dan menantang. Namun, semua akan terbayar saat menyaksikan keindahan air terjun di Brebes satu ini.

Curug Rambukasang menawarkan pemandangan yang masih asri dan udara sejuk. Lokasi Desa Ciseureuh, Ketanggungan Selatan, harga tiket Rp 5.000 ditambah biaya parkir.

5. Curug Panyusuhan

Berbeda dengan air terjun di Brebes yang hanya memiliki satu tingkatan, curug ini menawarkan tujuh tingkatan air terjun yang menjadi daya Tarik utama wisata air ini.

Pemandangan air terjun di Brebes ini luar biasa menkjubkan. Suasana sekitar curug masih sangat asri dan alami.

Lokasi di  Desa Tembongraja, dengan harga tiket masuk hanya Rp 5.000. Buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: