10 Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh, Awas Jangan Kaget Nomor 2

10 Manfaat Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh, Awas Jangan Kaget Nomor 2

Sirsak ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda.--

DISWAYJATENG – Sirsak ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Buah ini sangat mudah kita temukan pada wilayah sekitar kita.

Siapa sangka buah ini mengandung antioksidan tinggi dan kaya mineral. Antioksidan serta mineral ini sangat tubuh butuhkan untuk menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan

Buah sirsak (Annona muricata) banyak kita temukan pada daerah beriklim tropis, termasuk Indonesia. Tidak hanya daging buahnya, bagian lain dari tanaman ini seperti batang, akar dan daunnya juga sering orang gunakan sebagai obat tradisional.

Selain kita konsumsi secara langsung, sirsak juga dapat anda konsumsi dengan cara menjadi jus atau menu minuman lainnya.

Manfaat Sirsak

Berikut beberapa manfaat sirsak bagi kesehatan anda:

1.       Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dalam satu buah sirsak utuh mengandung sekitar 83 % dari asupan serat harian yang sangat menjadi rekomendasi. Serat adalah nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh.

Serat membantu meningkatkan serta mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

2.       Mencegah Kanker

Sebagian besar pada studi tabung menunjukkan bahwa sirsak bisa membantu melawan dan mencegah kanker. Sebuah penelitia menemukan bahwa ekstrak sirsak bisa mengurangi ukuran tumor kanker payudara serta membunuh sel kanker. Penelitian berikutnya menunjukkan bahwa ekstrak sirsak bisa menghentikan pembentukan sel leukemia.

3.       Mengobati Herpes

Mengutip dari Grid.id buah sirsak bermanfaat mengobati herpes. Hal ini telah terbukti dalam sebuah penelitian yang menunjukkan buah sirsak efektif menghambat pertumbuhan virus herpes.

4.       Melawan Peradangan

Antioksidan pada sirsak berperan melawan radikal bebas, mengurangi kerusakan sel akibat dari stress oksidatif. Salah satu efek samping stress oksidatif adalah peradangan.

5.       Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Faktor utama dari penyakit jantung dan serangan jantung adalah tekanan darah tinggi. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi adalah natrium. Kalium membantu tubuh membuang kelebihan natrium dan meredakan ketegangan pada dinding pembuluh darah. Keduanya bisa membantu menurunkan tekanan darah.

6.       Melawan Bakteri

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak buah sirsak bisa membunuh berbagai jenis bakteri. Termasuk strain yang menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang. Penelitian yang lain menunjukkan bahwa ekstrak sirsak bisa membantu melawan kolera dan bakteri staphylococcus.

7.       Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengutip dari preventin, buah ini kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk mengurangi kerutan sampai meningkatkan kekebalan tubuh.

8.       Mengatasi Diare, Maag, Disentri, Demam dan Flu

Sirsak juga bermanfaat untuk mengobati penyakit flu, demam, maag, disentri serta diare. Hal ini karena sirsak mengandung annoaine dan asimilobine.

9.       Menurunkan Gula Darah

Sirsak telah terbukti bisa membantu menglola kadar gula darah dalam beberapa penelitian pada hewan. Hasil sebuah penelitian pada tikus yang menderita diabetes menunjukkan bahwa ekstrak sirsak secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

10.   Melawan Infeksi

Suatu riset laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah sirsak terlihat dapat membunuh bakteri, virus serta parasite. Kandungan nutrisinya yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, buah ini juga dapat membantu pemulihan tubuh setelah terkena infeksi.

BACA JUGA:Daun Kelor Tidak Ada Manfaatnya, Siapa Bilang? Jangan Kaget Lihat yang nomor 7

Itulah beberapa manfaat dari buah sirsak yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: