Rekomendasi Obyek Wisata Sekitar Solo

Rekomendasi Obyek Wisata Sekitar Solo

Bukit Gancik, Boyolali.--

DISWAYJATENG.ID - Bingung ingin berlibur kemana? 4 rekomendasi wisata hits yang berada di sekitar Solo ini bisa anda kunjungi dengan pasangan atau keluarga.

1. Bukit Gancik, Boyolali.

Berada di kaki Gunung Merbabu, Bukit Gancik ini menyajikan pemandangan Gunung Merapi, yang terkenal kokoh dan garang bila sudah waktunya aktif.

Tak hanya Gunung Merapi saja satu-satunya pemandangan pegunungan yang bisa kamu nikmati. Selain gunung yang ada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah tersebut, kamu juga bisa menikmati panorama perkebunan yang asri, hijau dan menyejukkan.

Bonus lain bila kamu memutuskan berkunjung ke tempat ini adalah opsi untuk menyaksikan eksotisme Goa Jalak, kokohnya Watu Buto dan Watu Jonggol, yang konon bisa dilihat dari Keraton Solo.

2. Batu Seribu, Sukoharjo.

Potensi utama kawasan geopark Batu Seribu adalah Bukit Sepikul. Asal-usul nama Bukit Sepikul sendiri lantaran Gunung Sepikul dengan Gunung Kembar, sebutan gunung di hadapannya, terlihat sejajar.

Dan yang tak kalah menarik lainnya adalah gardu pandang, camping ground, area bermain, sampai kolam renang.

Tapi, hampir semua sepakat bahwa yang paling indah di sini adalah pemandangan bukit-bukit batu berpadu dengan pepohonan rindang yang sangat eksotis dan berkesan purba.

Dan momen yang menyenangkan di sini adalah ketika sore hari. Dari Watu Tumpuk, kamu akan bisa menyaksikan momentum matahari tenggelam, yang menjadikannya pengalaman yang tiada bandingannya.

3. Bukit Cumbri, Wonogiri.

Berada di ketinggian 638 mdpl, Bukit Cumbri menawarkan pemandangan alam Wonogiri dari atas. Yang menjadikannya spesial adalah ketika gugusan awan ikut menjadi background, yang membingkai pemandangan sehingga tambah memanjakan mata pengunjung.

Namun momen terbaik untuk bisa berada di sini adalah sebelum matahari terbit, karena kamu akan bisa menyaksikan sunrise yang indah.

Tretes Taman Tani, Boyolali

Selain akan disuguhkan aneka macam bunga, kamu juga bisa melihat Gunung Merapi yang tinggi menjulang. Untuk menikmati pemandangan di sini, tersedia juga gazebo yang bisa digunakan untuk anda duduk-duduk santai.

Jika anda ingin mendapatkan pemandangan bunga-bunga yang mekar sempurna sebaiknya anda datang di akhir tahun atau saat musim penghujan mulai tiba, karena saat musim kemarau bunga-bunga di sini biasanya cenderung layu.

4. De Tjolomadoe.

Sejak pertama kali dibuka setelah dilakukan pemugaran, bangunan bekas pabrik gula warisan Hindia Belanda 158 tahun silam, tempat ini langsung ramai pengunjung.

Setiap sudut bangunan ini memang sangat Instagramable. Sangat cocok untuk anda unggah di media sosial anda.

Mesin-mesin besar yang dulunya digunakan untuk memproduksi gula di pabrik ini, masih bisa kamu temukan di sini. Mesin-mesin tersebut sengaja dipertahankan agar pengunjung tetap bisa merasakan suasana pabrik yang sesungguhnya.

Tak hanya berfungsi sebagai museum interaktif yang edukatif tentang sejarah perkebunan gula di tanah air, di De Tjolomadoe kamu juga bisa menjumpai berbagai spot foto keren: mulai dari ruang duduk untuk bersantai, hingga sebuah ruang khusus yang dalam keadaan gelap akan memendarkan warna-warni neon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: