Resep Nasi liwet Enak dan Mudah

 Resep Nasi liwet Enak dan Mudah

Resep Nasi liwet Enak dan Mudah-Disway Jateng-

DISWAYJATENG.ID – Nasi liwet merupakan hidangan khas Jawa khususnya solo dan sunda. Tetapi sekarang semua orang dapat dengan mudah membuat nasi liwet.

Ciri khas dari menu makanan nasi liwet adalah rasanya yang gurih. Bila anda menyantapnya dengan ikan teri goreng asin. Kemudian anda juga bisa menambahkan lauk lainnya seperti ayam goreng, tempe, hingga tahu goreng untuk melengkapi hidangan khas jawa tersebut.

Nasi liwet merupakan salah satu makanan khas daerah yang mengandung karbohidrat karena bahan dasar dari pembuatan makanan ini adalah nasi. Ternyata nasi liwet pada daerah masing-masing memiliki keunikan tersendiri, jika biasanya campurannya ikan teri, nasi liwet jolem campurannya jantung pisang.

Sekarang anda dapat membuat hidangan nasi liwet enak dan mudah untuk keluarga, Menu sajian yang tentunya enak dan pasti nikmat. Untuk hidangan yang satu ini anda dapat membuatnya dengan mudah dan tentu rasanya enak, berikut resep cara membuat nasi liwet.

Bahan

4 sendok makan minyak goreng

3 batang serai, lalu memarkan

3 lembar daun salam

2 cm lengkuas kemudian memarkan

300 gram  beras

300 ml air

1 sendok teh garam

½ sendok teh gula pasir

1 buah cabai merah besar, lalu iris  tipis

50 gram ikan teri, cuci bersih lalu goreng

2 sendok makan bawang merah goreng, untuk taburan

Bumbu Haluskan:

10 butir bawang merah

5 siung bawang putih

3 butir kemiri

Cara Membuat

1.    Dalam rice cooker, panaskan 2 sendok makan minyak goreng, tumis ¾  bumbu halus, serai, daun salam, lengkuas hingga harum.

2.    Cuci bersih beras terlebih dahulu kemudian Masukkan beras, air, garam, aduk rata. Tutup rice cooker, masak hingga nasi matang.

3.    Siapkan sebuah wajan baru, kemudian panaskan sisa minyak. Tumis sisa bumbu halus dan cabai merah besar hingga harum.

4.    Masukkan teri goreng lalu aduk hingga rata.

5.    Letakkan tumisan teri di atas nasi yang telah matang kemudian sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

6.    Sajikan selagi masih hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: