Sego Koyor, Lezat Rasanya Unik Cara penjualannya! Penasaran?

Sego Koyor, Lezat Rasanya Unik Cara penjualannya! Penasaran?

Sego Koyor menjadi menu legendaris Purworejo yang sampai sekarang masih digemari--

DISWAYJATENG – Sego koyor Purworejo memiliki cita rasa yang sangat khas. Hidangan malam ini memiliki penggemar tersendiri.

Keunikan dari makanan ini adalah dari waktu penjualannya. Penjual sego koyor mulai menggelar dagangannya setelah jam sebelas malam ke atas sampai dini hari.

Olahan berbahan dasar urat sapi ini memang sudah menjadi kuliner legendaris bagi masyarakat Kota Purworejo. Salah satu penjual sego koyor yang sudah sangat terkenal seperti pak Supri, sudah lebih dari 20 tahun berjualan sego koyor ini.

Tepatnya depan Pasar Baledono Kabupaten Purworejo, sego koyor ini sudah menjadi usaha turun temurun serta beralih generasi.

Sejarah Sego Koyor

Sego merupakan istilah bahasa jawa yang memiliki arti nasi. Sedangkan koyor merupakan urat sapi. Sehingga ketika kita gabungkan adalah sebuah masakan koyor dengan kuah santan yang gurih.

Sego koyor sudah menjadi magnet bagi para konsumennya untuk terus datang kembali. Cita rasa yang unik menjadi poin utama sego koyor. Kurang dari 2 jam biasanya pedagang  sudah kehabisan.

Pak Supri sebagai penjual makanan legendaris ini hanya mematok harga 10 ribu rupiah saja. Berisi nasi, koyor kemudian irisan tahu lalu irisan labu siam dan rebusan daun singkong yang mereka siram dengan kuah. Sebagai pelengkap biasanya pak supri menyediakan tempe kemul.

Tekstur koyor yang kenyal serta dengan irisan tahu yang lembut dan labu siam yang empuk serta daun singkong yang lunak, menjadi satu kesatuan makanan yang sempurna. Sepincuk menu khas ini memiliki cita rasa yang cenderung gurih. Gurih dalam artian pas pada berbagai aspek rasanya.

Baik dari rasa asin, pedas serta manisnya pun pas. Menu makanan ini juga sangat relevan bagi para pecinta makanan pedas. Dalam satu pincuk menu ini, pak supri selalu menambahkan cabe raeit hijau untuk menambah sensasi rasa pedas.

Apabila anda bukan pecinta pedas, tentunya anda menikmati makanan khas ini tanpa harus memakan cabe rawitnya. Tak lupa tempe goreng tepung atau masyarakat mengenalnya tempe kemul.

Tempe kemul yang gurih asin dengan potongan daun bawang yang wangi, memiliki tekstur yang tidak a lot. Menambah kesempurnaan dari sepincuk sego koyor pak Supri ini.

Bagi yang bukan pecinta koyor pun tak perlu khawatir. Pak Supri juga menyediakan menu lainnya seperti ayam dan telur yang tetap mereka guyur dengan kuah santan yang gurih.

Anda juga bisa menikmati keduanya, sepincuk makanan khas ini anda tambah dengan siran ayam yang lembut.

Keunikan Sego Koyor

Kembali pada keunikan menu sajian  ini. Banyak yang mengatakan makanan ini merupakan limited edition. Mengapa demikian?  Inilah yang membuat dagangan  pak Supri unik. Pak Supri berjualan mulai pukul 11 malam hingga dini hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: