Innalillahi! Satu Jamaah Haji Pemalang Meninggal Dunia

Innalillahi! Satu Jamaah Haji Pemalang Meninggal Dunia

Calon jamaah haji asal Kabupaten Pemalang saat pelepasan untuk diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan dari pendopo Kabupaten Pemalang -M Ridwan -Radar Pemalang

PEMALANG, DISWAYJATENG.ID - Innalillahi Wainaillaihi Rojiun, kabar duka datang dari kota suci. 1 jamaah asal Kabupaten Pemalang, Jateng meninggal dunia di Madinah.

Almarhum diketahui bernama Mahmud bin H.Muchtar, 87, warga Dukuh Kranggan RT 03 RW 03 Desa Sewaka, Kecamatan Pemalang, ini wafat pada Kamis (8/6) sekitar pukul 02.00 waktu Madinah di fasilitas pelayanan jamaah haji Indonesia atau KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia).

BACA JUGA:1 Jemaah Haji Brebes Meninggal di Madinah, 1 Masih Dirawat; Waspadai Dehidrasi!

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pemalang Amin Wijayanti saat dikonfirmasi membenarkan kabar duka cita tersebut.

Amin mengungkapkan, saat itu Rabu (7/6) jam 19.30 di kamar 406 Hotel Arjwan Azzahabi, Tenaga Kesehatan Haji Kloter (TKHK) menangani pasien yang satu kamar yang sakit bernama Rohman.

BACA JUGA:3 Calon Haji Jateng Meninggal di Tanah Suci, 5 Orang Masih Tertahan di Donohudan Solo

Petugas sempat menanyakan kepada jamaah tersebut (Machmud) apakah ada keluhan. Jamaah menjawab tidak ada keluhan.

"TKHK menasehati jamaah tersebut untuk minum obat teratur karena mempunyai riwayat hipertensi dan untuk berhati-hati apabila ke kamar mandi minta bantuan teman satu kamar karena jamaah lansia," jelasnya, Kamis (8/6) kepada Radar Tegal melalui pesan WhatsApp.

BACA JUGA:Mohamad Sidik Jadi Plh Bupati Pemalang, Plt Bupati Berangkat Haji ke SuciTanah Suci

Pukul 22.00 TKHK visitasi ke jamaah yang sakit dalam satu kamar (Rahman), melihat jamaah tersebut sudah tidur. Pukul 01.30 TKHK mengantar pasien satu kamar (Fatoni) yang habis di rawat di KKHI dan menemui jamaah sudah tergeletak di kamar mandi.

"Pendamping jamaah yang satu kamar tidak mengetahui karena yang berada dalam satu kamar tersebut tertidur semua," beber Amin.

Selanjutnya, kata dia, TKHK memindah jamaah ke tempat tidur, melakukan pemeriksaan nadi, hasilnya tidak teraba, tangan kebiruan, pupil midriasis, kemudian melakukan RJP (Resisutasi Jantung Paru) dan melapor ke EMT (Emergency Medical Team). "Pasien dinyatakan meninggal dunia," terangnya.

Sementara itu Mansur Hidayat Plt Bupati Pemalang yang saat ini sedang izin cuti untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci dalam pernyataan di video pendeknya menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan.

"Semoga khusnul khotimah," ucap Mansur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: