Tahu Pletok Randudongkal, Oleh-oleh yang Wajib Anda Beli Hanya 15 Ribu!

Tahu Pletok Randudongkal, Oleh-oleh yang Wajib Anda Beli Hanya 15 Ribu!

Tahu pletok Randudongkal mempunyai cita rasa tersendiri--

DISWAYJATENG – Tahu pletok Randudongkal, makanan ini sangat populer untuk wilayah pemalang dan sekitarnya. Orang Indonesia memiliki beberapa makanan yang bisa anda jadikan lauk untuk sehari-hari.

Makanan populer tersebut antara alin tahu dan tempe. Makanan yang praktis namun tinggi akan protein ini sangat banyak yang suka karena rasanya yang enak.

Sebuah desa pada Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang yang bernama Karangmoncol memiliki makanan khas yang terbuat dari tahu, yakni tahu pletok. Desa Karangmoncol ini berada pada wilayah Pemalang bagian selatan. Jika dari pusat kota Pemalang, anda ke arah selatan sekitar 30 kilometer.

Jika sudah melintas daerah ini, akan terlihat pada kiri kanan jalan banyak penjual tahu pletok. Anda juga bisa langsung mencicipi makanan ini pada tempatnya langsung.

Makanan yang satu ini memang sudah sangat populer , hal ini bisa anda lihat ketika melintas pada daerah tersebut. Banyak mobil berjajar untuk mampir sejenak serta membeli athu pletok ini untuk mereka jadikan cemilan maupun oleh-oleh.

Sajian khas Pemalang ini seperti tahu pada umumnya, tetapi yang membedakan tahu ini tersaji matang dan sedikit kopong.

Terkait proses pengolahannya sehingga menjadi tahu pletok yaitu tahu mereka belah menjadi dua kemudian mereka bumbui dengan bumbu rahasia kemudian mereka goreng hingga kering dan kriuk.

Rasanya yang gurih dan renyah tanpa menghilangkan rasa tahunya ini menjadikan tahu pletok sebagai makanan favorit. Makanan ini sangat cocok untuk cemilan maupun anda jadikan lauk dengan nasi putih hangat.

Ada keunikan lain dari tahu pletok ini, yakni pengemasannya. Kemasan yang mereka gunakan untuk tahu pletok ini menggunakan wadah yang terbuat dari bamboo atau kita kenal dengan nama besek.

Tahu pletok ini akan lebih nikmat lagi jika anda makan dengan cabe rawit hijau atau bisa juga anda tambahkan bubuk cabe sesuai selera masing-masing.

BACA JUGA:Ini Dia Makanan Khas Pemalang, Nomor 2 Wajib Anda Coba

 

Untuk harganya? Tahu pletok ini terbilang cukup murah, untuk satu beseknya biasanya mereka bandrol dengan harga Rp 15.000. Harga yang sangat terjangkau bagi siapa saja. Jadi, jangan lupa ketika anda melintas pada wilayah Pemalang bagian selatan ini untuk membeli Tahu pletok.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: