Ini Dia Makanan Khas Pemalang, Nomor 2 Wajib Anda Coba

Ini Dia Makanan Khas Pemalang, Nomor 2 Wajib Anda Coba

beragam sajian makanan khas Pemalang yang wajib anda coba--

DISWAYJATENG – Makanan khas Pemalang sangat beragam dan semuanya memiliki sensasi rasa yang menggoyang lidah. Pemalang terletak pada sekitar pesisir pantai utara.

Beragam makanan khas Pemalang dapat anda nikmati ketika anda berkunjung atau melintas pada kota kecil yang berbatasan dengan Pekalongan ini.

Jika anda sedang berada pada kota ini, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner daerah pantura ini.

Makanan Khas Pemalang

1.       Kepiting lemburi

Kepiting lemburi merupakan sebutan lain untuk kepiting soka yang terkenal karena memiliki cangkang yang lunak. Anda tidak akan kerepotan atau kesulitan untuk menikmatinya.

2.       Nasi Grombyang

Nasi grombyang merupakan salah satu makanan khas Pemalang. Sajian kuliner ini berisikan nasi putih dan daging sapi atau kerbau dengan bumbu rempah yang sangat tajam.

Untuk nama grombyang sendiri berasal dari bahasa pemalang yang artinya mengapung atau bergoyang-goyang.

3.       Ogel-ogel

Makanan ini adalah cemilan gurih yang berbentuk seperti ulat, bulat panjang dengan ukuran dua hingga tiga centimeter. Ogel-ogel yang berwarna putih kecoklatan memiliki cita rasa gurih dan renyah. Cemilan ini sangat cocok anda hidangkan bersama secangkir kopi.

4.       Sate loso

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang berbahan dasar daging kerbau atau sapi. Nama sate loso mengambil dari nama pelopor sate ini yakni pak Loso yang berjualan sate secara turun temurun. Sate loso berbahan daging khusus, supaya enak, empuk dan bebas kolesterol.

Setelah dicampur bumbu dan meresap kemudian sate mereka bakar hingga setengah matang lalu campuri bumbu lagi untuk selanjutnya kembali mereka bakar hingga matang.

5.       Lontong dekem

Makanan ini juga menjadi makanan khas Pemalang berikutnya. Lontong dekem berbahan dasar lontong kuliner ini terdiri dari irisan lontong, kuah santan berwarna kuning seperti gulai, taburan srundeng kerupuk yang renyah serta bawang goreng.

Sedangkan nama lontong  dekem sendiri mengambil dari cra makan yang berawal dengan gelaran atau “ndekem”

6.       Kamir

Kamir atau kue kamir mengadaptasi dari Timur Tengah, kue ini kerapa mereke sebur dengan kamir arab. Kue yang berbentuk bulat pipih dengan warna kuning kecoklatan karena pembakaran ini berbahan dasar tape singkong.

7.       Apem Comal

Apem Comal merupakan makanan khas Pemalang yang berupa roti dengan cita rasa manis legit dengan tekstur kue basah. Bahan dasar dari makanan ini adalah tepung beras dan gula merah.

BACA JUGA:Tahu Pletok Randudongkal, Oleh-oleh yang Wajib Anda Beli Hanya 15 Ribu!

8.       Pecak belut

Pecak belut mereka sajikan dalam wadah Loyang yang biasanya terdiri dari dua atau tiga belut, tergantung dari ukurannya.anda dapat memilih belut bakar, belut panggang atau belut goreng.sambalnya pun berbeda-beda, anda dapat memilih sambal terasi, sambal tomat atau sambal santan.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: