Bahaya Konsumsi Mie Instan Terlalu Sering, Awas Nomor 4!

Bahaya Konsumsi Mie Instan Terlalu Sering, Awas Nomor 4!

terlalu sering konsumsi mie instan bisa membahayakan kesehatan--

DISWAYJATENG – Mie instan bisa bahaya bagi kesehatan. Makanan ini sudah sangat tidak asing bagi masyarakat. Mie instan tersedia dalam bentuk mie kering yang terlengkapi dengan bumbu beserta minyak sayur dalam kemasannya.

Untuk mengolahnya pun terbilang cukup mudah, menjadikan mie instan ini sebagai menu pilihan saat lapar. Namun, kelezatan mie instan yang memiliki beragam varian rasa, ada bahaya yang perlu anda waspadai. Terutama bila anda mengonsumsinya terlalu berlebihan.

Bahaya Mie Instan

Mie instan terkadang orang sebut sebagai makanan tidak sehat lantaran kandungan karbohidrat, lemak dan garam yang tinggi. Namun rendah protein, serat, vitamin dan mineral.

Melansir dari Alodokter, mie instan dapat menimbulkan risiko sindrom metabolic. Yaitu kondisi yang dapat  meningkatkan risiko anda terserang penyakit jantung, stroke dan diabetes.

1.       Tekanan darah tinggi

Bumbu yang mereka gunakan dalam mie instan biasanya memiliki kandungan garam atau natrium yang tinggi. Dalam satu kemasan mengandung sekitar 860 mg natrium.

Jumlah natrium tersebut belum yang berasal dari makanan lain yang anda konsumsi pada hari itu.

 

Padahal asupan natrium yang dokter sarankan setiap harinya tidak lebih dari 2.000 – 2.400 mg.

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa konsumsi natrium yang terlalu banyak dapat menyebabkan  tekanan darah tinggi dan berdampak pada rusaknya pembuluh darah.

2.       Gangguan pencernaan

Mie instan sebenarnya merupakan jenis makanan yang tidak mudah anda cerna. Sehingga membuat kerja system saluran cerna lebih berat. Bila anda konsumsi terlalu sering akan menyebabkan gangguan saluran pencernaan.

3.       Penyakit Jantung

Makanan ini juga menggunakan MSG (monosodium glutamate)untuk meningkatkan rsa menjadi gurih. Kandungan MSG serta natrium ini juga bisa memicu berbagai gangguan pada jantung.

4.       Gangguan ginjal

Mie instan memiliki kandungan garam yang tinggi. Kandungan garam tersebut bisa berdampak pada terganggunya fungsi ginjal. Terutama jika anda konsumsi terlalu banyak juga sering.

Terganggunya fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukkan natrium dan cairan dalam tubuh. Hal ini memicu terjadinya pembengkakan pada kaki serta penumpukan cairan pada sekitar jantung dan paru-paru.

BACA JUGA:Ini Dia Makanan Khas Pemalang, Nomor 2 Wajib Anda Coba

Jika anda sering mengonsumsi mie instan sebaiknya mulai kurangi konsumsinya agar terhindar dari bahaya terhadap kesehatan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: