Perbaikan Jalan Amblas Larangan-Pamulihan Ngambang

Perbaikan Jalan Amblas Larangan-Pamulihan Ngambang

Ruas jalan Pamulihan-Larangan di Kabupaten Brebes, yang terputus akibat tergerus longsor sejak Februari tahun 2022 belum ada kepastian untuk kelanjutannya. Jalan yang lama tak bisa dilalui kendaraan, hingga saat ini masih dilakukan pembahasan dengan Bina -Eko Fidiyanto-Radar Brebes

BREBES, DISWAYJATENG.ID - Ruas jalan Pamulihan-Larangan di Kabupaten Brebes, yang terputus akibat tergerus longsor sejak Februari tahun 2022 belum ada kepastian untuk kelanjutannya. Jalan yang lama tak bisa dilalui kendaraan, hingga saat ini masih dilakukan pembahasan dengan Bina Marga Provinsi Jawa Tengah. 

Meskipun membuat masyarakat di wilayah Kecamatan Larangan kesulitan mengakses jalan, namun hingga kini Pemkab Brebes belum bisa memastikan nasib jalan yang belum selesai diperbaiki namun amblas akibat longsor tersebut. Warga pun mendesak Pemkab Brebes, segera melakukan kelanjutan perbaikan jalan tersebut. 

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Dinas Pekerjaan Umum Brebes, Agus Pramono mengungkapkan, saat ini pihaknya masih melakukan pembahasan bersama Bina Marga Provinsi Jawa Tengah terkait kelanjutan perbaikan jalan tersebut. Dalam pembahasan itu belum ada keputusan apakah perbaikan akan dilakukan di titik yang sama atau direlokasi ke titik lain. Hal ini mengingat kontur tanah yang labil. 

Sebab, berdasarkan observasi lapangan di lokasi penelitian pada ruas jalan Larangan-Pamulihan, tepatnya di Dusun Kalenpandan, dapat disimpulkan bahwa daerah ini dapat masuk dalam klasifikasi gerakan tanah. Di lokasi itu terdapat gelincir rotasi tanah, yang disebabkan litologi batu lempung, lanau, napal, pasir halus, jalur struktur sesar, jalur air tanah, yang menyebabkan tingkat kejenuhan air tanah sangat tinggi.

"Ada juga lereng yang terbentuk karena gerusan air sungai. Gerusan air sungai, inilah yang menyebabkan ruas jalan menjadi amblas. Itu untuk sementara hasil observasi soal kondisi tanah di ruas jalan Larangan-Pamulihan, yang berada di Dusun Kalenpandan," kata Agus Pramono, Kamis (25/5).

Bedowi warga Desa Pamulihan Larangan,  berharap ruas jalan yang amblas di Dusun Kalenpandan Desa Pamulihan agar segera diperbaiki. Pasalnya, ruas jalan tersebut merupakan penghubung sejumlah desa di Kecamatan Larangan. Ia meminta pemerintah supaya benar-benar serius memperbaiki ruas jalan yang amblas dan putus tersebut. 

"Pemkab Brebes atau Pemprov Jateng agar ruas jalan yang amblas ini merupakan penghubung tiga desa agar mendapatkan perhatiaan. Karena kondisinya terputus tidak bisa dilalui warga," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: