Tandon Air Berlumut, Jangan Biarkan Terjadi! Segera bersihkan dengan Cara Ini

Tandon Air Berlumut, Jangan Biarkan Terjadi! Segera bersihkan dengan Cara Ini

Tandon air yang berlumut dapat mempengaruhi kualitas air--

DISWAYJATENG – Tandon atau toren air hampir setiap rumah memilikinya. Alat ini merupakan sebuah wadah untuk menyimpan air dalam suatu bak penampungan.

Karena berkaitan dengan air yang anda gunakan sehari-hari, maka pemeliharaan menjadi sesuatu yang sangat penting. Dengan memiliki tendon air, rumah atau bangunan dapat tetap memiliki pasokan air yang memadai dan tidak tergangggu meskipun ada gangguan pada pasokan air utama.

Membersihkan tanki secara berkala dan memastikan kebersihan air yang tersimpan dalam tendon tersebut adalah pemeliharaan rutin yang harus anda lakukan.

Hal ini perlu anda lakukan karena selama pemakaian tendon air dapat mengalami pertumbuhan lumut jika tidak anda rawat dengan baik.

Pertumbuhan lumut umumnya karena kelembaba yang tinggi dan paparan cahaya matahari yang cukup. Lumut dengan mudah dapat tumbuh pada dinding tendon ataupun permukaannya.

Hal tersebut dapat menjadi masalah serta dapat mengganggu kebersihan dan kesehatan air dalam tendon. Tentunya akan mempengaruhi kualitas air yang anda konsumsi.

Anda bisa membersihkan sendiri tendon tersebut dengan mudah.

Cara Membersihkan Toren Air

1.       Gunakan air garam

Campurkan 3 dendok garam ke dalam 2 liter air bersih. Aduk rata, kemudian gunakan untuk mengguyur tendon air. Sikat dengan bersih lalu bilas hingga seluruh lumut luntur.

2.       Gunakan sabun pencuci piring dan air panas

Buang dulu air yang ada dalam tendon, kemudian sikat huingga bersih pada dinding bagian dalam dengan menggunakan sabun pencuci piring. Gunakan air panas untuk membilasnya.

3.       Air kapur

Kapur bersifat keras, sehingga ia bisa membuat kerak yang menempel lebih mudah untuk mengelupas. Anda bisa menggunakan kapur tulis yang sudah anda haluskan kemudian campurkan dengan beberapa liter air.

Caranya pun sama, guyurkan ke dinding tendon kemudian sikat dengan spons kasar hingga bersih dan kemudian anda bilas.

BACA JUGA:Tips Memilih Kepiting yang Segar dan Enak, Dagingnya Padat

4.       Cuka putih

Jika air garam tidak mampu membersihkannya, anda gunakan saja cuka putih. Caranya campurkan cuka putih dengan air bersih dan gunakan untuk mengguyur dinding tendon bagian dalam.

Sikat hingga bersih dan bilas berulang kali, karena larutan cuka dapat merusak lapisan plastik.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: