Ikan Air Tawar Paling Populer, Anda Suka yang Mana?

Ikan Air Tawar  Paling Populer, Anda Suka yang Mana?

Banyak jenis ikan air tawar yang sangat populer --

DISWAYJATENG – Ikan air tawar sangat banyak ragamnya. Mulai dari ikan lele, nila gurame, bawal dan masih banyak lagi. Selain dapat kita olah dengan berbagai gaya masakan seperti goreng, bakar dan sup.

Ikan air tawar juga kaya akan beragam sumber protein dan nutrisi untuk tubuh. Dari beragam jenis ikan air tawar, berikut kami rangkum 10 jenis ikan air tawar yang paling sering kita konsumsi.

1.       Mujair

Nama ikan mujair berasal dari seorang pria yang menemukannya pad daerah blitar tahun 1939 yang bernama Mujair. Selain banyak kita konsumsi warga masyarakat kita, mujair juga ,udah kita temukan pada perairan afrika.ciri fisik mujair adalah badannya yang pipih berwarna hitam keabu-abuan atau kuning. Ikan ini dapat tumbuh hingga 40 centimeter.

2.       Lele

Pecel lele, mangut lele, lele bakar tentu menjadi salah satu makanan yang kerap kita temui. Ikan air tawar ini  mempunyai ciri khas kumis panjangnya serta badannya yang sangat licin. Meski berukuran relative kecil, lele juga hampir semua kalangan suka karena dagingnya yang lembut dan sangat gurih.

3.       Patin

Jika kita lihat dari tekstur dagingnya, patin hampir mirip dengan lele. Ikan patin mengandung DHA dan omega 3 yang sangat cocok untuk anak-anak serta ibu hamil. Salah satu sajian yang cukup terkenal dalah sup ikan patin.

4.       Ikan mas

Selain untuk konsumsi, ikan air tawar yang satu ini kerap menjadi ikan hias. Ciri fisiknya adalah badannya yang tegak pipih dengan sirip memanjang. Tekstur ikan mas yang lembut membuatnya cocok jika kita masak menjadi pepes atau gulai kepala ikan mas.

5.       Nila

Ikan tawar yang satu ini mungkin paling sering anda temukan. Jika kita lihat dari fisiknya, nila hampir mirip dengan mujair. Selain untuk konsumsi, ikan dengan nama ilmiah Oreochromis niloticus ini juga banyak menjadi budidaya. Cara pengolahannya pun cukup beragam mulai dari menggoreng sampai menumis dengan bumbu asam manis.

6.       Bawal

Ikan tawar yang satu ini memiliki banyak duri halus pada tubuhnya sehingga kita perlu sedikit berhati-hati saat memakannya. Meski begitu dengan dagingnya yang tebal, ikan bawal cocok untuk menjadi beragam olahan.

7.       Wader

Meskipun ukurannya terbilang sangat kecil, ikan wader bisa anda olah menjadi masakan super lezat. Selain anda gunakan sebagai lauk, wader juga bisa anda jadikan sebagai cemilan.

8.       Gabus

Dengan ukuran tubuh yang cukup besar untuk ikan air tawar, gabus biasanya terdapat pada danau, rawa dan juga sungai.

Berbeda dengan ikan pada umumnya, ikan gabus juga bisa bernafas langsung ke udara. Jadi jangan heran jika anda menemukan ikan gabus masih tetap hidup pada daratan.(*)

BACA JUGA:Bawal Laut dan Bawal Air Tawar , Ini Bedanya..

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: