Bawal Laut dan Bawal Air Tawar , Ini Bedanya..

Bawal Laut dan Bawal Air Tawar , Ini Bedanya..

Ikan Bawal laut dan bawal air tawar dapat dijadikan olahan lezat--

DISWAYJATENG – Bawal laut dan bawal air tawar tentunya berbeda jika kita lihat dari bentuk fisiknya. Bawal laut adalah sebutan untuk ikan laut family  Bramidae. Ikan ini berasal dari hawai dan Indonesia. Ikan ini hidup berkoloni dan termasuk jenis predator. Berbeda dengan ikan bawal air tawar yang termasuk ke dalam family Serrasalmidae.

Walau memiliki nama yang sama, keduanya memiliki perbedaan, khususnya pada warna tubuhnya. Mengutip dari buku “Bisnis dan Budidaya Intensif Bawal Air Tawar”, berikut cara membedakan Bawal air laut dan tawar.

1.       Amati warnanya

Bawal air tawar umumnya memiliki warna abu-abu tua, sehingga sering kita sebut bawal hitam. Sementara ikan bawal air laut, warnanya lebih putih dan terang. Oleh karena itu ikan ini sering orang sebut bawal putih.

2.       Perhatikan bentuk tubuh dan letak siripnya

Bentuk tubuh bawal air tawar agak bulat. Letak sirip dadanya tepat berada pada bawah insang. Selain itu, sirip punggung letaknya juga agak kebelakang. Serta mempunyai sirip perut dan dubur yang terpisah.

Ciri-ciri tersebut berbeda dengan bawal air laut. Kalo yang ini justru memiliki tubuh yang pipih dengan sirip dada yang terletak pad belakang tutup insang. Untuk sirip punggungnya sendiri, berada tepat pada punggung ikan bawal. Lalu, sirip perut dan sirip duburnya pun menyatu, berbeda dengan bawal air tawar yang terpisah.

3.       Cek warna ujung siripnya

Jika anda masih kesulitan membedakannya, anda dapat mengecek melalui warna ujung siripnya. Ikan bawal air tawar umumnya memiliki ujung sirip yang berwarna merah menyala. Sementara bawal air laut tidak demikian, ujung warna siripnya sama seperti warna badannya.

 BACA JUGA:Tips Memilih Kepiting yang Segar dan Enak, Dagingnya Padat

Selain cara-cara tersebut, perhatikan pula metode penjualannya. Umumnya bawal air tawar penjualannya dalam kondisi hidup atau tersimpan dalam wadah berisi air. Sedangkan bawal air laut penjualannya dalam kondisi beku.

Walau berada dalam habitat yang berbeda, tapi kedua ikan ini memiliki daging yang tebal dan rasa yang lezat. Oleh karena itu, anda bisa memasak keduanya menjadi beragam hidangan.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: