Wajan Berkerak Susah Anda Bersihkan? Begini Caranya..

Wajan Berkerak Susah Anda Bersihkan? Begini Caranya..

Wajan yang berkerak akan sangat mengganggu jika tidak anda bersihkan--

DISWAYJATENGWajan berkerak adalah masalah yang sering ibu-ibu hadapi. Hampir setiap hari mereka menggunakan alat tersebut. Pemakaian yang terlalu sering sangat mungkin sekali membuat Wajan menjadi berkerak, gosong dan sebagainya.

Kerak hitam bisa timbul karena suhu api yang tidak sesuai. Jika anda menyalakan api terlalu besar, tentu wajan akan lebih cepat gosong.

Tapi anda tidak perlu khawatir, karena banyak cara untuk membersihkan wajan berkerak tersebut. Mari kita simak cara-cara berikut ini.

Cara Membersihkan wajan berkerak

1. Air panas dan sabun cuci piring

Rendam wajan gosong dengan air panas sesegera mungkin setelah anda gunakan. Jangan lupa untuk menambahkan sabun pencuci piring untuk membantu melembabkan kerak yang menempel pada wajan tersebut. Hal ini akan memudahkan kerak hitam mudah terangkat saat anda bersihkan.

2. Cuka

Cara lain untuk membersihkan kerak pada wajan adalah dengan cuka. Anda hanya perlu menyiram cuka ke dasar wajan yang gosong, kemudian mendiamkannya beberapa menit. Asam asetat  akan mulai bekerja dan memudahkan anda saat menggosok dasar wajan. Setelah itu cuci dengan air hingga bersih.

3. Baking soda dan air

Cara berikutnya adalah anda hanya perlu mencampur baking soda dan air. Kemudian oleskan ke bagian wajan yang gosong. Diamkan beberapa jam sampai hasilnya maksimal, kemudian cuci dengan sabun pencuci piring . Terakhir adalah bilas dengan air bersih.

4. Minyak sayur

Setelah anda membersihkan wajan dengan air, oleskan minyak sayur tipis-tipis atau semprotkan dengan minyak sayur. Dengan begini wajan anda akan lebih mengkilat dan mengurangi risiko kerak hitam akibat gosong.

BACA JUGA:Putih Telur Bikin Wajah Cantik? Begini Caranya..

5. Jeruk nipis

Cara berikutnya adalah dengan jeruk nipis. Caranya cukup mudah, pertama anda didihkan air dan letakkan dalam baskom yang cukup untuk menampung wajan. Setelah itu tuangkan campuran sabun pencuci piring dan jeruk nipis, aduk hingga rata. Rendam wajan berkerak selama beberapa jam atau semalaman. Pagi harinya anda tinggal mencuci dengan sabun pencuci piring setelah itu bilas dengan air.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: