Anda Sering Gatal? Bahan Alami Ini Dapat Menghilangkannya..

Anda Sering Gatal? Bahan Alami Ini Dapat Menghilangkannya..

Bahan-bahan alami ternyata bisa membantu menghilangkan gatal--

DISWAYJATENGGatal pada kulit sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Kadang hal ini sangat mengganggu, bahkan juga bisa menjadi menyakitkan bila anda menggaruknya terus menerus.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan anda menjadi gatal, salah satunya reaksi alergi. Saat tubuh anda merasa itu, biasanya anda akan menggaruk permukaan kulit untuk menghilangkan gatal tersebut.

Menggaruk kulit bisa menyebabkan kulit kering, bersisik serta muncul luka. Namun anda tidak perlu khawatir, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang anda miliki dalam rumah.

Bahan-Bahan Alami 

1. Lidah buaya

Salah satu tanaman yang memiliki segudang khasiat untuk kulit adalah lidah buaya. Mengoleskan gel lidah buaya bisa membantu meredakan iritasi karena kulit gatal atau kulit kering. Kandungan dalam tanaman ini membantu melembabkan dan menjaga tingkat air dalam kulit tetap tercukupi. Umumnya obat alami ini aman untuk anda gunakan.

2. Oatmeal

Selain baik untuk menu sarapan anda, oatmeal ternyata juga bisa membantu mengatasinya pada kulit. Pada dasarnya oatmeal memiliki sifat humektan, yaitu bisa membantu melembabkan kulit. Caranya yaitu dengan mencampurkan oatmeal yang berbentuk krim koloid ke dalam air mandi. Oatmeal memiliki kandungan zat antiinflamasi dan antioksidan yang bisa mengurangi rasa , kulit kering serta kasar.

3. Kunyit

Dalam sebuah penelitian pada150 orang dengan eksim, peneliti menggunakan krim yang mengandung kunyit. Selama 4 minggu untuk mengatasi gatal-gatal. Hasilnya hampir 30-32 pesen terjadi penurunan kulit bersisik dan gatal pada masing-masing subjek penelitian.

Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan bakterisida. Senyawa ini membantu mengobati peradangan dan iritasi pada kulit.

4. Es batu

Es batu juga bisa menjadi obat untuk kulit anda. Mengompres bagian kulit  dengan es batu juga bisa membantu meringankan gejala gatal pada kulit. Jadi cobalah letakkan kantong es atau es batu yang sudah anda lapisi dengan kain ke permukaan kulit anda.

BACA JUGA:Ini Dia Cara Membuat Soto Mie, antiribet!

5. Perbanyak air putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: