Pengobatan Tumor Rahim, Bagaimana Caranya?

Pengobatan Tumor Rahim, Bagaimana Caranya?

--

DISWAYJATENG – Pengobatan tumor Rahim dokter lakukan dengan beberapa cara serta tahapannya. Hal ini tergantung dari tingkat seberapa parah tumor tersebut. Cara ini dokter lakukan juga untuk menurunkan gejala yang mengganggu. Berikut beberapa cara Pengobatan tumor Rahim melansir dari Mahkota Medical Centre dan Regency Specialist Hospital Malaysia:

Pengobatan tumor Rahim

  1. Penggunaan obat

Obat dokter gunakan untuk penanganan tumor Rahim dalam bebeapa hal. Ada obat yang fungsinya untuk mengendalikan kadar dari estrogen dan progesterone dalam tubuh agar ukuran dari tumor dapat tertahan.

Selanjutnya ada juga obat uang dokter gunakan untuk mengatasi pendarahan yang terlalu berlebihan pada Rahim khususnya saat menstruasi.

  1. Prosedur Invasif

Prosedur invasive adalah salah satu prosedur yang dokter ambil paling terakhir dari prosedur penanganan tumor pada Rahim. Biasanya prosedur ini untuk menangani tumor pad Rahim yang jumlahnya banyak.

Selain itu, prosedur ini juga dokter lakukan kalau kondisinya sudah parah. Operasi dengan cara pembedahan terbuka melalui perut. Semua tunmor akan dokter ambil atau rahimnya dokter angkat termasuk organ sekitarnya.

  1. Prosedur non invasive

Prosedur ini dokter lakukan tanpa adanya sayatan pada kulit, tanpa mengeluarkan darah. Salah satu prosedur yang bisa dokter lakukan adalah HIFU.

BACA JUGA:Waspada Tumor Rahim, Ini Gejalanya..

  1. Prosedur Minimal invasive

Salah satu prosedur yang dokter terapkan untuk jenis operasi ini adalah laparoskopi. Dengan membuat sayatan kecil pada perut dan memasukkan alat melalui lubang itu.

Tumor Rahim atau miom bisa memiliki ukuran yang bervariasi. Dari besar sampai kecil bisa muncul dan membuat permukaan Rahim tidak merata. Tumor yang terus membesar bisa menekan Rahim dan juga organ sekitarnya. Selain itu, kondisi seperti pendarahan dan gangguan kehamilan juga bisa muncul dan menyebabkan maslah lebih serius pada wanita.

Pendarahan internal juga sering terjadi dan memicu rasa sakit serta gangguan kehamilan.

Apabila anda memiliki satu atau beberapa tumor dalam Rahim, ada baiknya anda segera melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan onkologi.

Nah, dari beberapa jenis pengobatan tersebut anda setidaknya mendapatkan wawasan baru tentang pengobatan tumor Rahim.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: