Parkir Mobil Jadi Mudah dengan Cara Ini

Parkir Mobil Jadi Mudah dengan Cara Ini

Teknik cara parkir yang benar memudahkan anda memarkir mobil anda--

DISWAYJATENGParkir mobil manual kadang sedikit lebih sulit jika kita bandingkan dengan mobil matic. Bagi yang baru belajar mengemudikan mobil alangkah baiknya harus menguasai teknik parker yang benar.

Ini sangat penting karna mengmudi tidak hanya sebatas melaju dan berhenti. Tapi juga harus paham juga cara parker terutama bagi mobil manual,

Teknik atau cara parker bagi mobil manual khususnya pemula memang harus anda pelajari secara perlahan namun rutin. Jangan sampai anda tergesa-gesa saat memarkirkan mobil.

Langkah pertama adalah menilai jarak area parker mobil. Kemudian jika hal itu sudh anda lakukan, maka anda bisa memundurkan mobil secara perlahan-lahan dan hati-hati.

Pastikan untuk memberi jarak yang cukup antara sisi belakang atau samping mobil agar anda tidak keesulitan saat hendak keluar dari mobi.

Anda juga bisa mengatur posisi mobil dengan benar. Kemudian anda juga harus tahu kapan mesti pindah transmisi gigi 1 ataupun gigi mundur. Tentunya kapan waktu yang tepas dan pas untuk menginjak rem.

Selain itu, anda juga perlu mengamati keadaan sekitar melalui spion untuk memastikan keadaan belakang mobil pada saat parkir.

Cara Parkir Mobil Manual yang Benar:

  1. Lepas rem tangan saat parkir

Jika anda memarkirkan mobil dalam waktu yang lama, maka temperature dan kelembaban udara yang hinggap dapat menyebabkan lengket antara brake pad dan disk brake.

Hal tersebut berdampak ketika anda melepaskan hand/foot brake, roda belakang masih terkunci.

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Yang pertama, parkirkan mobil anda pada jalanan yang datar atau rata. Selanjutnya adalah posisikan tuas transmisi pada posisi gigi 1 atau R.

  1. Parkir yang jauh dari hewan liar

Anda tidak perlu membayangkan hewan liar seperti harimau atau lainnya. Hewan liar termasuk tikus, ular ataupu yang lain sering membuat sarang pada are mesin. Hal ini dapat merusak material yang terbuat dari karet dan plastic.

BACA JUGA:7 Tips Mengatur AC agar Lebih Dingin Tetap Hemat Listrik

  1. Parkir pada tempat yang beratap

Supaya kondisi mobil kesayangan anda tetap awet ketika anda tinggal lama, maka sebaiknya cari parkiran mobil yang terlindungi dari sinar matahari. Anda bisa memarkirkannya pada garasi rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: