7 Tips Mengatur AC agar Lebih Dingin Tetap Hemat Listrik

7 Tips Mengatur AC agar Lebih Dingin Tetap Hemat Listrik

mengatur AC agar lebig dingin maksimal namun tetap hemat listrik--

DISWAYJATENG – Mengatur AC agar ruangan selalu dingin terlihat mudah bagi siapa saja. AC adalah salah satu perangkat elektronik yang paling banyak masyarakat gunakan.

Alat ini berfungsi sebagi pendingin ruangan dan menjadi solusi mengatasi udara panas. Namun, tidak kita pungkiri juga jika perangkat ini menggunakan listrik terbesar pada rumah anda. Bahkan perangkat ini dapat menghabiskan 40-60 persen dari total tagihan listrik kita.

Menggunakan perangkat yang hemat energy dapat membantu mengurangi penggunaan listrik karena perangkat ini sehingga Anda tidak perlu mengganti AC lama dengan yang baru.

Mengapa demikian? Anda masih bisa menyiasati untuk mendinginkan maksimal ruangan anda namun tetap menghemat listrik.

Dalam artikel ini akan kita bahas beberapa cara mengatur AC menjadi dingin maksimal dengan pengaturan mode tertentu pada remote.

Pengaturan remote AC

  1. Gunakan mode pengaturan suhu yang tepat

Setel suhu pada tingkatan yang tepat yaitu sekitar 24-26 derajat celcius kemudian setiap derajat dibawah 24 derajat bisa meningkatkan penggunaan listrik hingga 10 persen.

  1. Pakai setelan  mode cool

Mode cool merupakan mode dasar untuk mendinginkan udara dalam ruangan. Mode ini memaksimalkan kinerja AC dengan membuat ruangan lebih cepat dingin.

Mode cool memungkinkan anda mengatur suhu yang anda inginkan dalam ruangan.

  1. Aktifkan turbo mode

Turbo mode adalah mode yang meningkatkan kinerja AC dengan meningkatkan kecepatan kipas dan membuat ruangan lebih cepat dingin.

  1. Bersihkan filter AC secara berkala

Pastikan untuk membersihkan filter AC setiap bulan agar AC dapat bekerja secara efisien. Filter yang kotor dapat memperlambat aliran udara kemudian membuat AC bekerja lebih keras, sehingga meningkatkan penggunaan listrik.

  1. Sediakan Ventilasi yang baik

Pastikan udara luar dapat masuk kedalam ruangan dengan mudah lalu  bukalah jendela pada malam hari saat udara lebih sejuk atau gunakan kipas angin untuk membantu sirkulasi udara dalam ruangan.

BACA JUGA:Umat Islam Wajib Tahu! Perbedaan Haji dan Umroh

  1. Gunakan AC yang sesuai dengan ukuran ruangan

Pilih AC yang tepat untuk ukuran ruangan anda, kemudian jangan memilih AC yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk ukuran ruangan anda. Karena ini dapat membuat perangkat ini bekrja terlalu keras dan meningkatkan penggunaan listrik.

  1. Matikan AC ketika anda meninggalkan ruangan

Jangan biarkan AC menyala terus menrus saat anda tidak berada dalam ruangan. Matikan AC saat anda meninggalkan ruangan untuk jangka waktu yang lama, atau gunakan timer untuk mematikan AC secara otomatis.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: