Sejumlah Komoditas Bahan Pangan di Bumiayu Merangkak Naik

Sejumlah Komoditas Bahan Pangan di Bumiayu Merangkak Naik

Bawang merah di pasar Bumiayu mulai naik harga menjelang datangnya bulan Ramadan tahun ini.--

BREBES, DISWAYJATENG.ID - Datangnya bulan Ramadan, ditandai dengan naiknya harga kebutuhan pangan di pasar tradisional yang ada di Bumiayu. Tingginya konsumsi masyarakat disinyalir sebagai penyebab naiknya harga bahan pangan tersebut.

Di pasar Seng Bumiayu, kenaikan harga terjadi pada komoditas cabai. Dimana untuk jenis cabai merah teropong dari sebelumnya dijual Rp 26.000/kilogram naik menjadi Rp 30.000/kilogram, Cabai merah keriting dari Rp 32.000/kilogram naik jadi Rp 36.000/kilogram, cabai rawit hijau dari Rp 30.000/kilogram naik jadi Rp 32.000/kilogram. "Paling kentara yakni cabai rawit setang, yang sekarang tembus Rp 70.000/kilogram. Padahal sebelumnya masih Rp 60.000/kilogram. Mungkin karena permintaan warga tinggi, selain itu informasinya juga karena terpengaruh cuaca yang saat ini sering hujan," kata Sugeng, 55 pedagang, Senin (13/3)

Kondisi berbeda terjadi pada komoditas cabai hijau besar yang masih dalam kondisi stabil yakni Rp 18.000/kilogram. Para pedagang mengaku  berharap harga kebutuhan stabil dalam batas normal. "Dengan demikian, maka animo masyarakat untuk membeli akan tinggi. Tidak seperti jika terjadi kenaikan harga, dimana masyarakat hanya membeli dalam jumlah sedikit," ungkapnya.

Senada diungkapkan Ani, 40, pedagang lain di pasar Bumiayu. Menurut dia, kenaikan harga beberapa kebutuhan pangan biasa terjadi menjelang datangnya momen bulan puasa hingga Lebaran. Kondisi ini seiring dengan meningkatnya kebutuhan konsumsi masyarakat. "Minggu-minggu ini saja sudah mulai naik. Kalaupun ada paling hanya membeli beberapa ons saja, beda saat sebelum naik. Dimana warga bisa membeli kiloan, jelas dampaknya berpengarus pada omzet penjualan," kata Ani.

Meski demikian, tidak semua jenis pangan mengalami kenaikan. Harga beberapa komoditas lain masih dalam kondisi yang sama, bahkan mengalami penurunan. Seperti bawang merah maupun bawang putih, jika sebelum dijual seharga 30.000/kilogram turun menjadi Rp 28.000/kilogram.

Kepala Pasar Seng Indah Bumiayu, Dwi Saputra membenarkan kenaikan harga terhadap salah satu komoditas tersebut. Namun, dia memastikan distribusi kebutuhan pangan masih berjalan lancar tanpa adanya kendala. "Ada kendala yang mungkin disebabkan terjadinya perubahan cuaca di daerah penghasil. Meskipun demikian, sejauh ini pasokan dari distributor tetap lancar," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: