Memburu Cuan dari Budidaya Bonsai di Kabupaten Pemalang

Memburu Cuan dari Budidaya Bonsai di Kabupaten Pemalang

BONSAI - Budidaya bonsai mampu mendatangkan keuntungan. Foto : Siti Maftukhah/Radar Pemalang --

  1. PEMALANG (DiswayJateng) - Budidaya bonsai yang ditekuni oleh warga di Desa Peguyangan, Kecamatan Bantarbolang semakin berkembang. 

 

Prasetyo, warga RT 14 RW 05 Desa Peguyangan, Bantarbolang mengatakan, awal budidaya bonsai berasal dari kegemarannya terhadap aneka bunga. Dari hobi tersebut kemudian makin dikembangkan, sehingga menjadi usaha sampingan yang bertahan hingga kini. 

 

"Sudah ada sekitar 500 bonsai lokal di halaman rumah dengan berbagai jenis," katanya, Jumat (24/2).

 

Bibit bonsai didapatkan dari hutan di sekitar wilayah Bantarbolang, penjualan melalui online dan offline. Biasanya pembeli bonsai rata-rata perorangan dan toko bunga dari berbagai daerah seperti Pemalang, Pekalongan, Tegal, Purwokerto, Kalimantan, Bali dan daerah lain. 

 

"Harga Bonsai mulai Rp50.000 sampai jutaan rupiah, dilihat dari seni atau bentuknya," imbuhnya. 

 

Bonsai sendiri ada berbagai jenis, antara lain landepan, serut, sisor, gulvum, legindi, arabika, beringin, kimeng, sencang, elegan, korea, dolar, arjuna, benyamin, dan sebagainya. 

 

Sementara, Kepala Desa Peguyangan Wage Kasdono menyampaikan, budidaya bonsai di desanya diharapkan bisa makin maju dan berkembang, apalagi potensinya besar dan berasal dari kekayaan alam lokal. 

 

"Semoga ke depannya makin maju dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," harapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: