Bersama Kagama, Ganjar Beri Solusi Kekurangan Air di Ponpes Balikpapan

Bersama Kagama, Ganjar Beri Solusi Kekurangan Air di Ponpes Balikpapan

AIR BERSIH - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengecek air bersih yang dibangun.--

BALIKPAPAN (DiswayJateng) - Hanya dengan membangun instalasi air sederhana senilai Rp 3 juta, masalah air di Pondok Pesantren Syaichona Cholil terpecahkan. Alat bernama Gama Rain Filter itu mampu mengubah air hujan menjadi air bersih layak minum. 

 

Ketua Kagama, Ganjar Pranowo meninjau pemanfaatan Gama Air Filter di pondok yang terletak di Jl Mulawarman, Sepinggan, Balikpapan, Rabu (22/2).

 

"Prinsipnya memanen hujan. Air hujan ditampung di atap dialirkan ke instalasi dengan tiga filter. Filter air, filter daun, filter bakteri. Dari tandon ini, air bisa langsung diminum," kata Ganjar. 

 

Ganjar juga meninjau Gama Rain Filter yang dipasang di Sekolah Dasar Islam Terpadu Istiqamah Balikpapan Jalan Syarifuddin Yoes, Balikpapan Selatan. 

 

Ketua Pengda Kagama Kalimantan Timur Lalu Fauzul Idhi mengatakan, daerah Sepinggan termasuk daerah sulit air bersih. Untuk mendapat air, warga harus membuat sumur bor sedalam 80 meter. 

 

"Itupun airnya cokelat, dan sumbernya kadang hilang, pindah sumur lagi. Sangat menyulitkan," katanya.

 

Maka, Kagama berupaya membantu sebagai wujud pengabdian masyarakat. Di Kalimantan Timur, sudah lima titik yang dibuat instalasi serupa. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: