DLH Kabupaten Tegal: Tuntaskan Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat

DLH Kabupaten Tegal: Tuntaskan  Kelola Sampah  untuk Kesejahteraan Masyarakat

Kepala DLH melakukan aksi sedekah sampah dan pembuatan seribu lobang biopori dirangkaian HPSN 2023, kemarin. -Dok. Ist-jateng.disway.id

SLAWI (Disway Jateng) - Sampah menjadi persoalan yang  serius dengan multidimensi. Disini pelibatan seluruh emelen masyarakat menjadi sangat penting, dan resonansi kepedulian persoalan sampah secara terus menerus sungguh diperlukan. Hal tersebut dilontarkan kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kabupaten Tegal, Muchtar Mawardi SKM MKes  dirangkaian Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN) 2023, yang digelar dipelataran gedung PMI.

 

"HPSN 2023 mengusung tema  Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat. DLH  bersama komunitas dan masyarakat  telah dan terus akan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan yang berfokus pada peningkatan upaya  masif, dari hulu ke hilir. Dengan menitik beratkan pada pengelolaan sampah terpadu," ujarnya Sabtu 18 Februari 2023.

 

Hal tersebut dilakukan guna mendukung tujuan minim sampah hingga terwujud zero emisi.

 

"HPSN 2023 menjadi momentum semua pihak untuk bergerak dan peduli terhadap sampah. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi lingkungan terjaga. Keterlibatan berbagai pihak dalam upaya pengelolaan sampah memerlukan kolaburasiprogram baik pusat, daerah, dunia usaha, dan masyarakat," cetusnya.

 

Dia menyatakan rangkaian  HPSN 2023 Kabupaten Tegal diisi dengan bimtek pengelolaan TPS3R dari managemen bank sampah, pengelolaan sampah organik menjadi eco enzym, bersama komunitas eco enzym nusantara, sedekah sampah dan 1000 lobang biopori bersama yayasan rukun dan opd bareng komunitas LH dan masyarakat.


--

"Kami juga sempat louncing batik belanja tanpa kantong plastik, sosialisasi penggunaan aplikasi pick up sampah bersama WASKINI, pelatihan daur ulang sampah bersama rumah sambung, dan di puncak peringatan HPSN akan diresmikan operasionalisasi mesin pengolah sampah di 4 desa di Kabupaten Tegal," ungkapnya.

 

Ditegaskan, tahun ini juga menjadi momentum untuk melanjutkan upaya pengelolaan sampah yang telah dilakukan, dan memulai tahapan baru yang leih maju untuk mewujudkan target pengelolaaan sampah yang telah disepakati.  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id