Kreatif! Begini Cara Siswa SMKN 1 Brebes Sulap Kulit Bawang Jadi Pewarna Alami Batik

Kreatif! Begini Cara Siswa SMKN 1 Brebes Sulap Kulit Bawang Jadi Pewarna Alami Batik

Guru SMKN 1 Brebes menunjukan produksi pakaian batik yang terbuat dari pewarna alami dari kulit bawang merah. --

BREBES, DISWAYJATENG.ID- Kulit bawang merah yang selama ini dianggap limbah berhasil diubah menjadi produk pewarna kain. Siswa SMK Negeri 1 Brebes berhasil menciptakan pewarna alami dari kulit bawang merah. Mereka berasal jurusan Tata Busana yang selalu melakukan inovasi-inovasi untu bukank menemukan produk-produk yang ramah lingkungan. Di jurusan ini, mereka dituntut untuk kreatif, inovatif dan menciptakan tren. 

 

Pengajar jurusan Tata Busana SMK Negeri 1 Brebes, Indri Keleswati mengatakan, penemuan pewarna alami dari kulit bawang merah tidak lepas dari kegiatan Batik Ecoprint. Sebagai sekolah kejuruan unggulan di Kabupaten Brebes memiliki kebanggaan jika memiliki produk yang berciri khas Brebesan. Selain menciptakan motif Batik Brebesan yang berciri khas seperti telur asin, bawang merah atau bebek juga menciptakan bahan baku pendukung dari tanaman yang tumbuh di Brebes.

"Siswa kami juga beberapa kali menjadi juara dalam kejuaraan rancang busana tingkat Provinsi Jawa Tengah. Bahkan produk-produk pakaian yang dihasilkan mendapat respon bagus dari konsumen," katanya, Sabtu (4/2). 

 

Dia menuturkan, di dalam satu event Mini Expo Jawa Tengah di Borobudur, Ibu Negara Iriana Joko Widodo tertarik dengan produk Batik Ecoprint Bawang Merah karya siswa SMK Negeri 1 Brebes. Siswa di sekolah tersebut dididik untuk menjadi enterpreneur tangguh yang lulus siap menjadi pengusaha.

"Kami punya ruangan untuk proses produksi, termasuk untuk belajar dan berpraktik membuat pakaian. Ada yang mendisain pola dengan menggunakan perangkat komputer, memotong pola, menjahit, menyertika sampai mengemas produk untuk pesanan," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: