Disdikbud Kabupatem Tegal: Kawal Proses Peningkatan Kualitas Pendidikan

Disdikbud Kabupatem Tegal: Kawal Proses Peningkatan Kualitas Pendidikan

Sekretaris Dinas Dikbud mewakili kepala Dinas Dikbud membuka muscab APSI tingkat Kabupaten Tegal.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI (Disway Jateng) - Pengawas Sekolah memiliki peran sebagai pengawal utama dalam proses peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Tantangan global dan revolusi industri 4.0 di era digital yang semakin kompleks menjadi Pengawas Sekolah. Hal tersebut dilontarkan sekretaris Dinas Dikbud, Winarto SE MM mewakili kepala Dinas Dikbud disela membuka  musyawarah cabang  Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia ( APSI)  Kabupaten Tegal.

 

"Ada tiga peran penting pengawas sekolah dalam kaitannya dengan era mileneal, Pengawas sekolah sebagai seorang trainer, seorang coach, dan sebagai mentor," ujarnya Senin ( 2/1) kemarin. 

 

Sebagai seorang trainer, pengawas diharapkan terus melatih ketrampilan sehingga bisa relevan dengan tuntutan perubahan yang nanti akan berguna untuk diterapkan pada pekerjaan mereka. Ini berarti Pengawas Sekolah harus terus menerus mengasah skill, baik kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak sebagai kemajuan di era digital, maupun keterampilan dalam perangkat keras. 

 

"Diharapkan mereka ini melatih terus keterampilannya sehingga bisa relevel dengan tuntutan perubahan yang nanti juga akan diterapkan di pekerjaannya di sekolah-sekolah binaan mereka," cetusnya. 

 

Pengawas Sekolah menjadi seorang coach, disini bisa melakukan pelatihan membina guru dan kepala sekolah, karena tantangan di era digital ini permasalahannya semakin kompleks. Maka dibutuhkan seorang pelatih yang bisa mendampingi guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya di kelas maupun di sekolah. Sementara pengawas sekolah sebagai  mentor, seorang pengawas sekolah adalah seorang guru atau kepala sekolah yang berprestasi. 

 

Terpisah Kasi Pendidikan SD Dinas Dikbud, Aan Kusnadi yang sebelumnya sempat terpilih menjadi ketua APSI Kabupaten Tegal, menyerahkan tongkat estafet kepada ketua terpilih, Buhori untuk masa jabatan 2023- 2027. Dia menegaskan bahwa APSI merupakan organisasi independen yang mengemban visi dan misi mengembangkan pengawas sekolah yang profesional,kreatif, dan inovatif.

 

Dijelaskan, APSI  diharapkan menjadi wadah aspirasi Pengawas Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,  Diharapkan, pengawas sekolah dapat membantu, berbagi ilmu menadi  bermanfaat untuk dunia pendidikan dan masyarakat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id