Pemburu Hilang di Hutan Paguyangan, Pencarian Terkendala Ini

Pemburu Hilang di Hutan Paguyangan, Pencarian Terkendala Ini

Sejumlah relawan terlibat dalam upaya pencarian warga Desa Wanatirta yang diduga hilang dikawasan hutan Paguyangan.-Teguh Supriyanto -Radar Brebes

BREBES, DISWAYJATENG.ID - Khalimi, 50, warga Dukuh Kedawung RT 07 RW 03, Desa Wanatirta Kecamatan Paguyangan, dilaporkan hilang dikawasan hutan BKPH Paguyangan, saat pergi berburu.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, Khalimi pamit dari rumahnya untuk berburu sembari membawa senapan angin pada Sabtu (24/12) sekitar pukul 16.00 WIB. 

"Beberapa warga sempat berpapasan dengan Khalimi, diketahui berjalan ke arah hutan," kata Sekdes Wanatirta, Tohirin, Senin (26/12).

Namun, hingga malam karena Khalimi tidak kunjung pulang ke rumahnya. Sehingga pihak keluarga bersama warga sekitar melakukan pencarian di lokasi yang biasa dijadikan lokasi berburu oleh Khalimi. 

"Hasilnya tidak juga ditemukan, sehingga akhirnya keluarga melapor kepada pihak terkait," jelas Tohirin.

Menurut Tohirin, Khalimi memang biasa berburu untuk mengisi waktu luangnya. Sehingga sudah biasa keluar masuk hutan. "Upaya pencarian sudah dilakukan, harapan dapat segera ditemukan," imbuh Tohirin.

Satgas PB BPBD Brebes, melalui koordinator Budi Sujatmiko menyampaikan, usai mendapatkan laporan, pihaknya segera melakukan asessmen keluarga diikuti pencarian awal dengan penyisiran di area sungai dan air terjun sampai pukul 17.30 WIB. 

"Hari pertama pencarian belum membuahkan hasil," kata Budi.

Dikatakan Budi, sejumlah kendala dihadapi dalam upaya pencarian. Diantaranya tidak adanya saksi yang melihat keberadaan survevor saat di dalam hutan sangat menyulitkan area pencarian. "Selain itu kondisi cuaca, dan juga medan pencarian yang sangat terjal dengan tanaman sangat lebat," terangnya.

Kapolres Brebes, melalui Kapolsek Paguyangan, AKP Sunarto membenarkan hal tersebut. Dikatakan saat ini pencarian terhadap warga yang diduga hilang didalam kawasan hutan tersebut. "Ada beberapa tim yang membantu pencarian, semoga dapat segera ditemukan," kata Sunarto.

Upaya pencarian terus dilakukan dengan melibatkan sejumlah komponen. Diantaranya BPBD Kab. Brebes, Karang Taruna Wanatirta, PP, Linmas Wanatirta, WIPALA, RAPI, MDMC RSP Sirampog, RGS dibantu warga masyarakat.

Sebelumnya di Kecamatan Paguyangan, Karwiyah, 70, warga Dukuh Soka RT 05 RW 03, Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, hilang pada Kamis (15/12), akhirnya ditemukan dalan kondisi selamat pada Minggu (18/12). Komariah sempat hilang di kawasan hutan wilayah Winduaji yang berbatasan wilayah Gumelar Kabupaten Banyumas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: