Peran Teknologi Internet di Dunia Pendidikan

Peran Teknologi Internet di Dunia Pendidikan

--

Oleh: Siti Ulfah (*)

Dunia pendidikan saat ini sangat dipengaruhi dengan adanya teknologi. Teknologi saat ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan dan sangat di minati oleh masyarakat luas.

Perkembangan Teknologi yang paling diminati saat ini yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi. Salah satu produk dari Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu internet. Tentunya kita semua sudah faham dengan adanya internet dunia berada di genggaman kita. Dengan adanya Inernet informasi-informasi apa saja tersedia, baik ilmu Pengetahuan, Pekerjaan, social politik dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan informasi yang mengaksesnya.

Perkembangan teknologi internet merupakan perkembangan teknologi informasi yang sangat luas dan liar, dikarenakan informasi positif dan negatife banyak tersedia di dalamnya. Maka dari itu pemahaman kepada peserta didik akan pemanfaatan internet sangat dibutuhkan agar peserta didik mampu memfilter mana – mana saja informasi yang layak untuk di konsumsi dan bisa memaksimalkan informasi atau pengetahuan tersebut.

Disamping itu dengan adanya teknologi berupa internet peserta didik bisa menambah dan mempublikasikan kreaifitasnya baik berbentuk foto, video, tulisan/ aritikel atau kreatifitas lainnya.

Di era globalisasi saat ini, teknologi internet banyak di manfaatkan oleh banyak orang baik individu, organisasi atau instansi. Salah satu masyarakat menyukai internet yaitu bisa mengaksesnya dimanapun orang itu berada, asalkan ada perangkat yang terkoneksi dengan signal internet. Hal ini lah yang membuat internet menjadi primadona di masyarakat dan berbondong-bondong untuk menjadikan internet sebagai kebutuhan. Teknologi internet mampu menjawab keinginan masyarakat dalam berkomunikasi, sehingga tidak heran bilamana masyarakat meng elu-elukan internet baik hanya sebatas komunikasi, informasi pengetahuan, pekerjaan atau berita.

Dunia pendidikan pun saat ini tidak lepas dari perkembangan teknologi internet, dikarenakan internet menawarkan banyak inovasi-inovasi untuk mempermudah, memperjelas, dan meringankan tugas pendidik, peserta didik bahkan instansi yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Tentunya tawaran ini sangat menarik dan perlu di kembangkan agar tujuan-tujuan pendidikan bisa tersampaikan dan bisa memberikan hasil yang maksimal terhadap pencapaian tujuan pendidikan.

Teknologi sangat berperan dalam proses pembelajaran di sekolah. Adanya teknologi, guru dan peserta didik dapat mengakses informasi dari berbagai sumber dengan maksimal. Salah satu contoh teknologi yang digunakan di sekolah adalah internet. Internet dapat digunakan sebagai akses untuk mempelajari materi membagikan materi dan media pembelajaran di sekolah, sehingga dengan adanya internet sangat membantu dalam proses pembelajaran tentunya baik untuk guru maupun peserta didik.Penggunaan internet tidak hanya di kalangan sekolah saja tetapi juga digunakan di kalangan kampus, kementrian dan sebagainya.

Bukti pemerintah mendukung adanya teknologi khususnya pendidikan yaitu pemerintah membuat berbagai aplikasi pendidikan maupun platform merdeka belajar.    

 

(*)Penulis adalah Guru SMK Larenda Bulakparen Brebes 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: