Waduh! 19 Produk Unilever Tarik dari Pasaran Karena Ada Zat Berbahaya Ini

Waduh! 19 Produk Unilever Tarik dari Pasaran Karena Ada Zat Berbahaya Ini

Ilustrasi sampo--

JAKARTA, (DiswayJateng.id)- Unilever menarik peredaran 19 produknya dari pasaran. Bahkan ada 2 merek sampo terkenal di Indonesia.

Produk Unilever itu ditarik karena diduga mengandung senyawa benzena yang menyebabkan kanker. 

Penarikan produk dilakukan Univeler Amerika terhadap beberapa produk aerosol dan sampo yang diproduksi sebelum Oktober 2021.

Disebutkan, alasan penarikan terhadap 19 produk itu dilakukan setelah ada indikasi potensi peningkatan kadar benzena pada produk-produk itu.

Di antara 19 produk Unilever yang ditarik itu ada yang beredar di Indonesia, bahkan mereknya terkenal. Yakni, shampo Dove dan TREsemme. Juga ada roduk Nexxus, Suave dan TIGI (Rockaholic and Bed Head).

Dari hasil evaluasi didapat jika paparan benzena dalam produk yang ditarik, terdeteksi dalam pengujian diperkirakan tidak akan menyebabkan konsekuensi kesehatan yang merugikan.

Walaupun pihak Univeler belum pernah menerima laporan tentang efek negatif penggunaan produk itu, namun Unilever Amerika memutuskan tetap menarik produk-produk itu sebagai bentuk kehati-hatian.

Benzena sendiri diklasifikasikan sebagai bahan yang bersifat karsinogen manusia. Paparan benzena dapat terjadi melalui inhalasi, oral, serta melalui kulit.

Zat ini dapat mengakibatkan kanker, termasuk leukemia dan kanker darah sumsum tulang serta gangguan darah yang dapat mengancam jiwa.

Berikut daftar produk Unilever yang ditarik berdasarkan rilis dari U.S. Food and Drug Administration.

 

1. Dove Dry Shampoo Volume and Fullness

2. Dove Dry Shampoo Fresh Coconut

3. Dove Dry Shampoo Fresh and Floral

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: