Catat! Diskominfo Tegal Lakukan Visitasi Keterbukaan Informasi Publik

Catat! Diskominfo Tegal Lakukan Visitasi Keterbukaan Informasi Publik

Dinbas Kominfo melakukan visitasi keterbukaan infoprmasi publik di Bappeda Litbang.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI (Disway Jateng) - Dinas Komunikasi dan Informatika selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Kabupaten Tegal  melakukan Visitasi   Keterbukaan Informasi Publik (KIP) ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah  ( OPD ).

 

Kepala Dinas Kominfo , Dra Nurhayati MM  yang diwakili Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik,  Kusnianto mengatakan visitasi  kali ini  merupakan visitasi  ke 2 sebelumnya pernah dilakukan tahun yang lalu. 

 

" Visitasi merupakan rangkaian tahapan kegiatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award OPD Tahun 2022. Ada 4 tahapan KIP award yakni pertama tahap Monev website PPID, tahap 2 adalah pengisian Self Assignment Quisioner atau penilaian mandiri,  tahap 3 visitasi dan tahap ke 4 adalah uji publik,"ujarnya Selasa ( 25/10) kemarin. 

 

Menurutnya KIP award merupakan upaya PPID Pemerintah Kabupaten Tegal untuk mewujudkan PPID Badan Publik Pemerintah yang informatif. 

 

" Artinya PPID  yang melayani dan memberikan informasi publik yang mudah, murah, cepat dan akuntabel berdasarkan standar pelayanan informasi publik khususnya mendasari Peraturan Komisi Informasi Nomer 1 Tahun 2021,"cetusnya.

 

Kusnianto menjelaskan, dalam visitasi tersebut terjadi dialog antara PPID Kabupaten Tegal dengan para Tim PPID Pelaksana di masing-masing OPD untuk  bagaimana memaksimalkan kerja  (PPID) Pelaksana.utamanya pelayanan informasi publiknya sehingga penyelenggaraan informasi publik di seluruh perangkat daerah  bisa terselenggara dengan baik. 

 

" PPID Kabupaten Tegal yang  Informatif itu tidak hanya menjadi tanggung jawab Diskominfo tapi perlu didukung  dari seluruh OPD.  Jika dari semua lini bawah pelayanan informasi publik sudah tertata dengan bagus, ini akan menjadi sumbangsih yang luar biasa untuk Kabupaten Tegal menuju Kabupaten yang Informatif,"ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jjateng.disway.id