Terkait Wacana Pencapresan, DPP PDIP Akan Undang Ganjar Pranowo

Terkait Wacana Pencapresan, DPP PDIP Akan Undang Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo--

JAKARTA, (DiswayJateng.id)- DPP PDI Perjuangan (PDIP) menjadwalkan pemanggilan terhadap Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terkait kesiapannya dalan pencapresan pada hari ini Senin sore (24/10).

Pemanggilan terhadap orang nomor satu di Jawa Tengah itu termaktub dalam Surat Undangan Klarifikasi yang dikeluarkan DPP PDIP Nomor 4545/IN/DPP/X/2022.

Klarifikasi tersebut disinyalir terkait pernyataan Ganjar yang menyatakan siap untuk menjadi calon presiden meskipun hingga saat ini PDIP belum menentukan siapa yang akan diusung oleh partai sosok capres untuk Pemilu 2024 mendatang.

Dalam sebuah Pernyataan Ganjar Pranowo yang siap ditugaskan sebagai calon presiden (capres) 2024 bakal berujung pemanggilan untuk dimintai klarifikasi oleh PDI Perjuangan, partai tempat Gubernur Jawa Tengah itu bernaung.

Dalam sebuah wawancara di televisi swasta, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memberi sinyal siap untuk menjadi calon presiden (capres) pada pemilu 2024. Hal ini dilakukan demi kepentingan bangsa dan negara.

“Saya itu anggota partai, tentu saya melihat ada dua realitas. Pertama saya anggota partai dan ada proses politik di dalam partai yang harus kita hormati. Kedua ada realitas sosial, realitas survei yang memang itu ada,” kata Ganjar.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pemanggilan terhadap Ganjar dalam rangka klarifikasi atas pernyataannya tersebut.

"Ya, kita tunggu saja momentumnya, Pak Ganjar pun akan kami lakukan klarifikasi terkait pernyataannya," kata Hasto di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (23/10).

Hasto mengatakan klarifikasi akan dilakukan oleh Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP Komaruddin Watubun.

“Pak Komar sedang di Papua, sekembalinya dari Papua, akan dilakukan klarifikasi,” imbuh Hasto.

Menurut Hasto, hingga kini PDIP belum memprioritaskan soal pencapresan untuk Pemilu 2024. Pasalnya, terkait pencapresan akan diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"PDI Perjuangan makin menguat dalam bergerak ke bawah untuk nyatu dengan kekuatan rakyat. Masalah capres ya belum dilakukan pengumuman oleh Bu Mega," katanya

Selain Ganjar, Hasto menyebutkan bahwa partainya juga akan menegakkan disiplin organisasi terhadap Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo.

Hal itu dilakukan setelah Rudy kedapatan mendukung Ganjar yang menyatakan siap maju sebagai capres 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rmol