Tiga Rumah Rusak Tersapu Longsor di Paguyangan Brebes

Tiga Rumah Rusak Tersapu Longsor di Paguyangan Brebes

Curah hujan yang tinggi memicu terjadinya longsor hingga merusak rumah warga di wilayah Kecamatan Paguyangan.-Teguh Supriyanto -Radar Brebes

BREBES, (DiswayJateng.id) -  Bencana longsor dipicu tingginya intensitas hujan, terjadi di dua desa di wilayah Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Tercatat tiga rumah warga mengalami kerusakan sedang hingga parah, akibat tertimpa material longsor.

Longsor tersebut terjadi di Desa Wanatirta  dan di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan.

Sekretaris Desa Wanatirta Tohirin menyampaikan, longsor yang terjadi di wilayah Dukuh Karanggandul RT 07 RW04, Desa Wanatirta menyebabkan rumah warga masing-masing milik Tamim, 67, mengalami kerusakan parah pada bagian belakang. Sedangkan satu rumah milik Yusuf 30, dalam ikut terdampak dan kondisi terancam.

"Hujan mulai pukul 18.00 WIB sekira pukul 22.30 WIB, terjadi longsor yang berasal dari tebing di belakang permukiman warga. Kerusakan parah pada dapur dan kamar mandi, saat ini penghuni terpaksa mengungsi  ke dirumah yang lain," jelas Tohirin, Senin (10/10).

Longsor, lanjut Tohirin, berasal dari tebing setinggi sekitar 10 meter yang berada tepat dibelakang rumah warga. Diduga tinginya intensitas hujan, membuat tanah di sekitar tebing menjadi labil hingga akhirnya longsor. 

Selain di tengah pemukiman warga, longsor juga terjadi akibat ambruknya talut penahan jalan desa ruas Karanganyar-Karanggandul, di Dukuh Karanganyar RT 11 RW 04, Desa Wanatirta. Longsor di jalan berdimensi panjang 9 meter dan tinggi 4 meter. Material longsor menimpa sebagian badan jalan.

"Permukaan tanah tidak kuat menahan derasnya air hujan, warga dibantu relawan kebencanaan mengevakuasi penghuni lokasi yang lebih aman," imbuhnya.

Upaya penangan pasca benana dilakukan oleh sejumlah komponen terkait, dengan membersihkan material longsor dan juga mengamankan tebing di belakang pemukiman warga.

Sementara itu, dalam waktu yang hampir bersamaan, hujan deras juga memicu terjadinya longsor hingga mengakibatkan rumah warga di  Dukuh Mungguhan, RT 14 RW 01, Desa winduaji, Kecamatan Paguyangan juga mengalami rusak parah.

Kepala Desa Winduaji H Abdurrahman menyampakan, longsor menerjang sekitar pukul 21.00 WIB dan merusak rumah milik Suwaryo, 66, pada bagian dapur rumah dan kamar mandi yang ambruk.

"Longsor dari dipicu air irigasi pertanian warga meluap, mengakibatkan longsor pada tebing yang berbatasan dengan permukiman warga," terang Abdurrahman.

Dikatakan, pemdes segera melakukan koodinasi bersama jajaran Forkompincam dan juga relawan kebencanaan, untuk melakukan pembersihan material longsor di sekitar lokasi bencana alam.

"Namun banyaknya material longsor menyulitkan warga untuk secepatnya melakukan pembersihkan," ucap Kades.

Satgas Penanggulangan Bencana (PB) BPBD Brebes Pos Aju Bumiayu, melalui kordinator lapangan Budi Sujatmiko mengatakan, jajarannya melakukan asessment terkait penyebab dan dampak yang ditimbul dari kejadian bencana tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar brebes